Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

UM Selenggarakan Workshop Kebidanan serta Finalisasi Dokumen dalam Upaya Pendirian Prodi Pendidikan Profesi Bidan

UM Selenggarakan Workshop Kebidanan serta Finalisasi Dokumen dalam Upaya Pendirian Prodi Pendidikan Profesi Bidan
image_pdf
Workshop Kebidanan serta Finalisasi Dokumen dalam Upaya Pendirian Prodi Pendidikan Profesi Bidan

Dalam rangka finalisasi dokumen program studi baru, Pendidikan Profesi Bidan, Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan kegiatan Workshop Kebidanan dan Diskusi bersama Stakeholder yang dilaksanakan secara luring dan bertempat di Aula Lantai 1 Graha Rektorat UM. Kegiatan dihadiri oleh Wakil Rektor IV UM, Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), serta sejumlah stakeholder yang menjadi mitra dalam pendirian Fakultas Kedokteran (FK) UM. 

Dalam sambutan yang disampaikannya, Dekan FIK Dr. Sapto Adi, M.Kes., menyambut dengan hangat kedatangan para stakeholder yang diharapkan mampu memantik workshop dan diskusi berjalan dengan lancar, selaras dengan kegiatan finalisasi dokumen yang mencerminkan kesiapan membentuk calon bidan yang berkualitas. 

Workshop Kebidanan serta Finalisasi Dokumen dalam Upaya Pendirian Prodi Pendidikan Profesi Bidan

“Finalisasi dokumentasi sangatlah penting karena kedepannya dalam proses pembelajaran akan menghasilkan mahasiswa kebidanan yang pasti berkualitas. Atau sebaliknya, kalau misalnya dokumen itu kurang sempurna maka dipastikan bahwa proses pembelajaran mahasiswa itu kurang berkualitas. Ada satu harapan ke depan, meskipun prodi profesi bidan ini baru, insya Allah mampu menghasilkan produk-produk mahasiswa kebidanan yang berkualitas, cerdas, terampil, dan berkarakter. Dan bersama dengan stakeholder, legalisasi ini saya yakin akan semakin sempurna. Sekali lagi saya berterima kasih kepada Bapak Ibu stakeholder yang sudah hadir. Saya juga berharap bapak Ibu stakeholder ini membersamai UM, khususnya pada prodi profesi bidan ini agar menjadi satu kesatuan utuh yang juga ikut memiliki dan membesarkan prodi ini,” ujar Dr. Sapto Adi.

Workshop Kebidanan serta Finalisasi Dokumen dalam Upaya Pendirian Prodi Pendidikan Profesi Bidan

Menyambung dari sambutan Dekan FIK, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan dari Wakil Rektor IV UM, Prof. Ir. Arif Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng, MIEEE, Ph.D. Garis besar yang beliau sampaikan adalah harapan agar workshop dan diskusi kali ini mampu menghasilkan luaran yang baik dalam pelaksanaan pembelajaran di program studi ini yaitu dengan menggabungkan 2 sisi antara lain sisi pemahaman akademis dan praktik di lapangan sesuai masukan dari para stakeholder

“Kehadiran bapak ibu pada hari ini sangat membantu dalam rangka memperkuat kurikulum yang ada di kebidanan. Karena kita tidak bisa hanya mendesain dan merencanakan dari sisi pemahaman akademisnya saja, namun masukan dari Bapak Ibu inilah kedepannya tentang seperti apa yang ada di lapangan agar membawa muatan yang nantinya mempersiapkan bidan-bidan yang akan lulus itu siap di lapangan. Dan hari ini mulai kita budayakan supaya tidak lari sebelah. Kita coba mulai sinergikan sehingga nantinya (lulusan) bisa segera masuk ke dunia kerja. Ini nanti juga akan kita perkuat tidak hanya di bidang akademik tetapi di lapangan juga akan kami siapkan. Jadi kita coba nanti dengan tim kebidanan agar kita diskusikan bersama sehingga nanti kurikulumnya benar-benar memiliki konten yang kuat tidak hanya di dalam perkembangan keilmuannya tetapi juga perkembangan keahliannya,” papar Wakil Rektor IV UM.

Lebih lanjut, Wakil Rektor IV juga mengutarakan keinginannya agar upaya dalam pengembangan kurikulum melalui diskusi-diskusi dengan para stakeholder ini membuahkan lulusan yang siap kerja. Sebagai penutup dari sambutannya, Prof. Arif Nur Afandi membuka secara resmi kegiatan workshop dan diskusi bersama stakeholder dalam upaya terus meningkatkan kerja sama serta proses finalisasi dokumen pendirian program studi pendidikan profesi bidan ini. Kegiatan kemudian disusul dengan presentasi profil dan kurikulum kegiatan yang langsung disambut dengan diskusi-diskusi.

Pewarta: Malichatus Sa’diyah – Internship Humas UM