Kamis, 28 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Atdikbud Bangkok Ingin UII Gandeng Universitas Thailand

Atdikbud Bangkok Ingin UII Gandeng Universitas Thailand

Pendidikan merupakan salah satu unsur penting dalam perguruan tinggi. Universitas Islam Indonesia (UII) terus berupaya mengoptimalkan kualitas pendidikan dengan menggandeng mitra dari dalam maupun luar negeri. Upaya menjajaki kerja sama pendidikan dengan mitra tersebut dikawal intensif oleh Direktorat Kemitraan/Kantor Urusan Internasional. Sebagaimana dalam kunjungan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud), Kedutaan Besar RI di Bangkok Thailand (ATDIKBUD BANGKOK) Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng., Ph.D pada Jumat (27/01) di Ruang Pertemuan Abu Dhabi, Gedung Prof. dr. Sardjito, kampus terpadu UII.

Agenda pertemuan ini adalah untuk lebih membahas terkait dengan kerja sama antar perguruan tinggi terutama di Thailand. Dalam sambutannya, Achmad Wicaksono menjelaskan bahwa kunjungan kali ini adalah merupakan program KBRI untuk memperkuat kerja sama.

“Salah satu program kerja kita yaitu memperkuat kerja sama khususnya bidang pendidikan, salah satunya yaitu Jakarta-Bangkok dan Yogyakarta-Chiang Mai. Kami menghimbau untuk universitas yang ada di Yogyakarta untuk dapat menjalin kerja sama dengan berbagai universitas yang ada di Thailand khususnya di Chiang Mai, karena kita tahu banyak program studi UII yang sudah memiliki akreditasi internasional sehingga salah satu yang diunggulkan di Yogyakarta untuk menjalin kerja sama”, paparnya.

Lebih lanjut, ia menitipkan pesan, “Semoga dengan adanya kunjungan ini dapat terjalin kerja sama yang lebih luas lagi dan yang terpenting tidak hanya MoU yang bersifat legal saja tetapi juga ada tindak lanjut dan implementasi dari kerja sama tersebut”.

Sementara itu, Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D., menerima kunjungan tersebut dan memberikan rasa terima kasih. “Terima kasih kepada Atdikbud Bangkok yang sudah mengunjungi dan memilih kami menjadi salah satu universitas yang dipercaya dapat mewakili Yogyakarta untuk menjalin kerja sama dengan beberapa universitas di Thailand khususnya Chiang Mai. Besar harapan kami untuk mengimplementasikan kerja sama ini dan kolaborasi antar universitas”, ujarnya.

Hal senada juga dijelaskan oleh Direktur KUI UII  Dr.rer.nat. Dian Sari Utami, S.Psi., M.A. bahwa saat ini pihaknya sudah bekerja sama dengan beberapa universitas di Thailand. Universitas tersebut antara lain, Chulalongkorn University, Mahidol University, Rangsit University, ICO NIDA, Burapha University, Chiang Mai Rajabhat University, Prince Songkla University, Fatoni University, dan Rajamangala University in Thanyaburi. (AW/ESP)