Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Seminar Bangun Negerikoe Bakti Untuk Negeri – Kupas Tuntas Sukses di Era Digital

Seminar Bangun Negerikoe Bakti Untuk Negeri – Kupas Tuntas Sukses di Era Digital

Humas UNJ (31/01/2023) – Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar Seminar Nasional Bangun Negeriku Bakti Untuk Negeri dengan Tema Kupas Tuntas Sukses di Era Digital di Aula Bung Hatta Pascasarjana UNJ pada Selasa, 31 Januari 2023.

Hadir dalam acara ini, Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Abdul Sukur, M.Si., Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Dr. Totok Bintoro, pada Dekan Fakultas dan Wakil Dekan, serta para mahasiswa peserta seminar.

Narasumber pada seminar ini Tim Bangun Negeriku, Suryo AB, Ph.D., dan Zully Husni Tampo, MCH., Business Development GudangKripto, Thiar Brahamanthia, dan narasumber special seorang Youtuber & Crypto Trader, Kevin Sailly.

Dalam laporannya, Abdul Sukur menjelaskan bahwa kegiatan ini diadakan oleh Yayasan Merajut Cinta Negeriku yang bekerja sama dengan Kemahasiswaan UNJ. Mahasiswa yang hadir kurang lebih ada 200 orang, dari program studi Bisnis Digital, Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Sistem dan Teknologi Informasi, Ilmu Komputer, dan Teknologi Pendidikan. Kegiatan ini diadakan secara luring dan live streaming di Youtube Kemahasiswaan UNJ.

“Seminar ini sebagai arah pembelajaran dan pembinaan di kampus melalui pengembangan sikap dan karakter mahasiswa yang kreatif, inovatif, kritis, komunikatif dan kolaboratif dalam membangun bangsa Indonesia disamping arus teknologi yang terus berkembang”

Tentunya perlu penguatan semangat para mahasiswa dalam membangun karakter kebangsaan dan peradaban sehingga harapannya dapat menunjukkan kesiapan dan kesungguhan untuk menjaga memelihara dan mengembangakan nilai nilai luhur bangsa Indonesia serta berkontribusi aktif dalam meningkatkan harkat hidup bangsa Indonesia.

Prof. Komarudin dalam sambutannya mengatakan bahwa Kehadiran teman-teman dari Komunitas Pengusaha Digital dan Para Trainer Nasional Kebangsaan menjadikan seminar nasional ini bernilai strategis bagi UNJ, khususnya bagi para mahasiswa sebagai agen perubahan dan pemegang estapet pembangunan bangsa.

“Pada konteks ini, mahasiswa harus menguasai literasi digital, ekonomi digital, dengan tetap berpegang teguh pada semangat kebangsaan dan kecintaan pada tanah air. Di sinilah Tujuan Utama dari Seminar Nasional Bangun Negeriku hari ini” Jelas Komarudin.

Sejalan dengan tujuan tersebut, cakupan materi yang akan didapat dari gelaran seminar nasional ini, diantaranya: Mengenali Negeri Impian, Wawasan Nusantara/Geopolitik, Leadership Digital, Era VUCA, dan World Experiential Learning.

Kelanjutan dari Seminar ini, para mahasiswa akan diberikan pelatihan dan pendampingan untuk menjadi digital entrepreneurship yang berwawasan kebangsaan melalui METAVERSE KHUSUS DI RUANG KELAS EKONOMI DIGITAL – sebagai sarana tukar gagasan sekaligus membangun kerjasama dan penguatan jejaring ekonomi digital antar kampus, di tingkat nasional maupun dunia.

Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan materi oleh Speaker Tim Bangun Negerikoe dan Talkshow dengan Topik Memanfaatkan peluang yang ada pada kripto di era digital saat ini.