Selasa, 16 April 2024
Perguruan Tinggi

Tanpa judul

Tanpa judul
Gambar 1. Sesi Pemaparan Aspirasi Mata Kuliah Jumpa Dekanat 1 FTP 2023

Senin, 16 Januari 2023, Senat Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (SMF-TP) 2022-2023 mengadakan acara Jumpa Dekanat 1 secara on site di Kampus Unika Soegijapranata BSB City Semarang. 

Jumpa Dekanat merupakan salah satu acara yang diadakan oleh komisi Advokasi SMF-TP untuk menyalurkan aspirasi para mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) kepada jajaran Dekanat, mengenai aktivitas perkuliahan dalam satu semester. Aspirasi yang disampaikan diperoleh dari Form Aspirasi dan Apresiasi (FORMASI) Semester Ganjil 2022/2023 yang dibuka dari tanggal 13 November – 3 Desember 2022.    

Acara ini menjadi salah satu sarana untuk dapat memperbaiki dan evaluasi sistem perkuliahan sehingga dapat mendorong suasana perkuliahan yang nyaman dan efektif. 

Jumpa Dekanat 1 ini dihadiri oleh berapa jajaran Dekanat Fakultas Teknologi Pertanian, yaitu Dr. Dra. Laksmi Hartayanie, MP. selaku Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, kemudian Dr. Ir. Lindayani, MP. selaku Wakil Dekan III, dan Dr. Ir. Ch. Retnaningsih, MP. selaku Kepala Program Studi S2. 

 

Gambar 2. Sesi Foto Bersama Acara Jumpa Dekanat 1 FTP 2023

Acara ini dipandu oleh Widya (FTI’21) dan Patricia (NCT’21) sebagai pembawa acara dan diawali dengan doa pembuka. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua acara, David (FTI’20). Kemudian acara dilanjutkan dengan perkenalan anggota Senat Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian 2022/2023 yang membantu dalam menyelenggarakan acara Jumpa Dekanat 1 2023 ini. Lalu dilanjutkan dengan sesi utama berupa pemaparan aspirasi, solusi, dan tanggapan dari Dekanat yang dipandu oleh Figo (FTI’20) dan Charleen (FTI’22). Pemaparan aspirasi dalam acara ini dibagi menjadi 10 bagian, yaitu aspirasi umum, aspirasi keseluruhan mata kuliah, aspirasi akademik, aspirasi mata kuliah semester 1 dan praktikum, aspirasi mata kuliah semester 3 dan praktikum, aspirasi mata kuliah semester 5 dan praktikum, aspirasi mata kuliah semester 7, aspirasi sarana dan prasarana, aspirasi mata kuliah pilihan, serta aspirasi dan saran semester sisipan. Selama penyampaian aspirasi per bagian, langsung dilanjutkan dengan tanggapan dari Dekanat mengenai aspirasi terkait. 

Setelah sesi utama selesai, acara dilanjutkan dengan pemaparan kritik dan saran, apresiasi dosen, dan aspirasi PMTP. Kemudian pada acara ini juga terdapat penyampaian aspirasi, saran, dan kritik untuk SMF-TP, BEMF-TP, dan UKMF-TP. Lalu selanjutnya terdapat sesi diskusi bersama terkait dengan aspirasi yang ada. Selama sesi diskusi bersama juga disampaikan tanggapan dari jajaran Dekanat lainnya yang berhalangan hadir saat itu, yaitu dari Mellia Harumi, S.Si., M.Sc. selaku Kepala Program Studi S1 dan Dr. Ir. B. Soedarini, MP. selaku Wakil Dekan PSD. Sebelum berakhirnya acara ini, dilakukan doa penutup terlebih dahulu yang kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan penutupan oleh MC. Walaupun di awal acara sedikit terlambat jam mulainya, namun acara ini dapat selesai dengan tepat waktu. Dari acara Jumpa Dekanat 1 2023 ini diharapkan mampu membawa Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata Semarang menjadi lebih baik untuk kedepannya.  [SMFTP/Florencia Irena Alwan]