Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

BPU UNJ Bersama PesonaEdu Kembali Gelar Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023, Yuk Buruan Daftar

BPU UNJ Bersama PesonaEdu Kembali Gelar Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023, Yuk Buruan Daftar

Humas UNJ, Jakarta-Badan Pengelola Usaha Universitas Negeri Jakarta (BPU UNJ) bersama Pesona Education (PesonaEdu) kembali menggelar Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023. Sebelumnya, BPU UNJ bersama PesonaEdu di tahun 2022 sukses menggelar kegiatan ini dengan diikuti 3.971 sekolah dan 43.000 peserta yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia, dan menghasilkan para juara dalam bidang literasi dan numerasi dari berbagai jenjang pendidikan di seluruh Indonesia. Untuk mensukseskan acara ini kembali, BPU UNJ bersama PesonaEdu melalui panitia melakukan Sosialisasi Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023 secara daring melalui Zoom dan Live Streaming di kanal Youtube PesonaEdukasi pada Rabu, 1 Februari 2023 kepada perwakilan sekolah di seluruh Indonesia.

Terdapat 5 tujuan diadakan kompetisi ini, yaitu: (1) Menyediakan wadah bagi peserta didik mengembangkan literasi dan numerasi sehingga peserta didik dapat berkreasi dan terampil memecahkan masalah dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya; (2) Memberikan motivasi peserta didik selalu meningkatkan semangat berkompetisi berprestasi dengan menjunjung tinggi nilai integritas dan sportivitas; (3) Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran sehingga dapat mengembangkan literasi dan numerasi peserta didik; (4) Memotivasi institusi dan Lembaga Pendidikan serta pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pendidikan untuk menjadi tanggung jawabnya; dan (5) Menjadi alat ukur peserta didik di Indonesia dalam penguasaan bidang literasi dan numerasi sehingga mampu memetakan standar kemampuan peserta didik di Indonesia menyerupai AKM dan pisa dalam sekala kecil.

foto Dr. teguh ketika menyampaikan sambutan

Kompetisi ini nantinya diselenggarakan secara daring berbasis Computer Based Test (CBT) dengan menggunakan platform PesonaEdu A-Class sebuah Learning Content Management System (LCMS) yang mampu membuat 16 variasi soal. Semua fitur A-Class mendukung untuk menyajikan kualitas soal berkarakter HOTS, sesuai standar PISA dan AKM. Soal yang digunakan ditulis secara khusus oleh tim penulis dari MGMP SD, SMP, SMA, dan SMK DKI Jakarta. Sedangkan validasi soal dan penjurian dilakukan oleh para dosen dan pakar pendidikan UNJ.

Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023 ini seperti tahun lalu mendapat dukungan dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) DKI Jakarta, baik tingkat SD, SMP, dan SMA, dan disponsori Bank Rakyat Indonesia (BRI), Telkom Indonesia, Telkomsel, Biofarma, Pos Indonesia, dan Krakatau Steel. Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023 ini terbagi dalam 10 kategori kelas dan terbuka untuk diikuti oleh siswa tingkat SD/MI dengan kelas 4, 5, dan 6, lalu tingkat SMP/MTs dengan kelas 7, 8, dan 9, tingkat SMA dengan kelas 10 dan 11, dan SMK dengan kelas 10 dan 11 di seluruh Indonesia. Bagi siswa yang khususnya di DKI Jakarta, bagi yang meraih juara pada kompetisi ini akan menjadi poin tambahan untuk Jalur Prestasi saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah DKI Jakarta.

foto suasana dalam zoom

Bagi sekolah di seluruh Indonesia yang ingin mendaftarkan siswanya pada kompetisi ini tidak dipungut biaya atau gratis. Pendaftaran pada kompetisi ini dibagi menjadi 2 Batch. Pada Batch 1, pendaftaran dibuka 16 Januari 2023 sampai dengan 31 Januari 2023. Pengumuman pemenang untuk Batch 1 pada 20 Maret 2023. Lalu pada Batch 2, pendaftaran dibuka 6 Februari 2023 sampai dengan 3 Maret 2023. Pengumuman pemenang untuk Batch 2 pada 20 Mei 2023.  Informasi lengkap mengenai pendaftaran, syarat, ketentuan kompetisi, dan jadwal lengkap Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023 dapat diakses pada website kompetisi: www.kompetisi.pesonaEdu.id

Ira Anindita selaku Sekretaris Umum Kompetisi Literasi dan Numerasi menjelaskan bahwa tiap tahun selalu mengalami peningkatan, mulai dari 2021 jumlah peserta untuk DKI sekitar 26.500 peserta. Sementara secara nasional peningkatan terjadi pada tahun 2022 dengan jumlah 43.000 peserta, dan target tahun ini kurang Lebih sekitar 100.000 peserta, ucap Ira Anindita.

Ketua Pelaksana Kompetisi Literasi dan Numerasi Nasional 2023, Teguh Trianung Djoko Susanto menyatakan penguasaan literasi dan numerasi adalah 2 kompetensi dasar yang perlu dikuasai oleh generasi pelajar dan sebagai modal utama bagi kemajuan suatu bangsa. Selain itu juga sebagai indikator seberapa jauh pencapaian suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan mampu berkompetisi secara global.

Teguh Trianung melanjutkan bahwa kedua hal tersebut akan diujikan dalam kompetisi ini dan dilakukan dalam ajang PISA untuk mengukur kompetensi siswa suatu negara. Selain itu perlu juga penguasaan materi yang kuat sejak dini untuk mengedepankan peningkatan daya nalar berpikir kritis dan berkreasi dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Penyelenggaraan kompetisi ini selain membantu para peserta didik untuk lebih cepat menguasai kompetensi sekaligus sebagai alat ukur dan pemetaan kompetensi peserta didik di Indonesia.

“terima kasih tidak terhingga kepada seluruh pemangku kepentingan pendidikan yang memiliki tekad dan dukungan luar biasa dan tidak pernah berhenti untuk terus mewujudkan ekosistem pendidikan Indonesia yang lebih  berdaya saing melalui terselenggaranya kompetisi literasi dan numerasi tingkat nasional ini,” ujar Teguh Trianung Djoko Susanto.

Sementara itu Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ mengungkapkan bahwa Kompetisi Literasi dan Numerasi Nasional yang sudah diselenggarakan dari tahun 2022 ini merupakan salah satu bentuk komitmen UNJ bersama PesonaEdu terhadap kemajuan dunia pendidikan Indonesia, khususnya dibidang literasi dan numerasi. Kompetisi  yang diselenggarakan oleh BPU UNJ bersama PesonaEdu diharapkan dapat turut berkontribusi pada kebijakan Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang digagas oleh Kemendikbudristek pada tahun 2016 lalu dan GLN ini sebagai bagian dari implementasi dari Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Diharapkan juga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas Programme for International Student Assessment (PISA) pada bidang literasi dan numerasi peserta didik di Indonesia. Semoga di tahun 2023 ini semakin banyak sekolah dan peserta di seluruh Indonesia yang berpartisipasi pada kompetisi ini. Selain itu juga agar dinas pendidikan daerah di seluruh Indonesia mendukung kompetisi ini sebagai upaya mewujudkan tujuan dari GLN. Terima kasih juga Saya ucapkan kepada BPU UNJ bersama PesonaEdu dan panita serta para pendukung acara, termasuk pihak sponsorsip yang mensukseskan tujuan dari kompetisi ini, ungkap Prof. Komarudin.