Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

UNTAN dan Poltesa Sosialisasikan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023

UNTAN dan Poltesa Sosialisasikan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023

Universitas Tanjungpura (UNTAN) bersama Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) melaksanakan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru TA 2023/2024. Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Sekolah serta Operator Sekolah Singkawang, Bengkayang  danSambas, pada  Selasa (31/1).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Aula Gedung Kuliah Terpadu Poltesa yang dibuka Direktur Poltesa Yuliansyah, dihadiri Dr Ir Radian MS, Wakil Rektor Bidang Akademik UNTAN bersama rombongan yang menyampaikan materi sosialisasi seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Dr Ir Radian MS, Wakil Rektor Bidang Akademik UNTAN menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan menggambarkan adanya kerjasama baik antar PT. Kemudian apa yang dilakukan di Poltesa, dalam rangka meningkatkan persaingan antara calon mahasiswa untuk bisa mendapatkan informasi yang benar sehingga pilihan-pilihan prodi maupun PT, tepat sesuai dengan kemampuan.

“Peserta sosialisasi yang hadir ini sudah tepat yakni pihak Kepsek dan Operator sekolah, sehingga informasi sampai. Dimana yang disosialisasikan oleh tim, mengenai kriteria seperti apa, bentuk seleksi dalam penerimaan mahasiswa baru yang bersifat nasional,” katanya.

Terlebih, beberapa jalur seleksi yakni berbasis prestasi, berbasis tes dan berbasis mandiri. Khusus kerjasama ini, ada dua yakni Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBp) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT).

“Nah kalau dulu kegiatan dikoordinasikan oleh lembaga gabungan konsorsium para rector. Dan mulai 2023, diambil alih oleh Kemendikbud tapi pelaksanaan tetap sama,” katanya.

Hanya ada perbedaaan dari sisi materi tes SNBT. Kalau dulu ada dua akademik dan skolastik, tapi sekarang yang ada hanya skolastik. Jadi tak ada tes mata pelajaran, yang ada hanya penalaran, dengan harapan siswa dari sekolah yang fasilitasnya masih kurang, tetap bisa menjawab jika memang dia pintar.

“Tesnya nanti lebih pada ketegasan penalaran, supaya apa, misalnya ada sekolah di desa yang fasilitasnya kurang tapi siswanya cerdas tetap bisa menjawab, ini tujuannya lebih ke pemerataaan, jadi bukan saja sekolah yang unggul dengan fasilitas lengkap yang bisa menjawab soal tes, tapi bagaimana tes kedepannya ingin memperluas siswa, sehingga daerah dengan daerah infrastruktur kurang masih dapat lulus tes asal punya kemampuan intelektual,” katanya.

Direktur Poltesa, Yuliansyah menyebutkan di tahun sebelumnya. Poltesa juga menjadi sub pelaksana seleksi penerimaan mahasiswa baru. Diharapkan tahun ini, melalui kerjasama yang baik dengan Untan, hal itu bisa kembali dilaksanakan. “Kami mengapresiasi kerjasama dengan Untan, karena sudah tahun kedua Poltesa menjadi tempat tes masuk perguruan tinggi secara nasional. Hanya satu semangatnya, bagaimana dengan Poltesa menjadi penyelenggara tes, mengajak siswa lulusan SMA, SMK, MA atau sederajat, untuk lanjut studi. Sekarang, semangat yang diusung adalah belajar 12 plus, sehingga jika ingin kuliah dimanapun, bisa mengikuti tesnya di kampus terdekat dengan tempat tinggal,” katanya.

Ini bagian dari membantu para orang tua maupun calon mahasiswa itu sendiri, sehingga akan muncul semangat berkuliah.

“Ini akan membantu para ortu atau para calon siswa, agar tak mengeluarkan biaya tambahan saat tes, kolaborasi baik ini harus terus dilaksanakan, pengalaman kami di Poltesa yakni tahun lalu melaksanakan tes yang diikuti seribuan siswa, cukup sukses, sehingga ini menjadi catatan baik bagi Untan dan pusat, agar kegiatan tes bisa seterusnya digelar di Poltesa,” katanya. (fah)

berikut link youtube pelaksanaan sosialisasi https://www.youtube.com/watch?v=RJ5wH75cBcM

Sumber