Kamis, 25 April 2024
Sekolah Dasar

Ujian Tahfidz Al-Qur’an SD Mutual Angkatan ke-3

Ujian Tahfidz Al-Qur’an SD Mutual Angkatan ke-3

Guna menguji kualitas hafalan Al-Qur’an siswa, SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang menggelar Ujian Tahfidz Al-Qur’an Juz 30, 29 dan 1. Kegiatan ini berlangsung di Masjid At-Tanwir Kota Magelang dari 30 Januari – 1 Februari 2023 dan diikuti oleh 10 siswa kelas 6.

Ujian tahfidz ini dimaksudkan untuk menguji kualitas hafalan Al-Qur’an siswa, khususnya juz 30, 29 dan 1. Selain itu, sebagai sarana mengembangkan potensi siswa pada program kelas tahfidz sekolah. Peserta yang lulus ujian tahfidz akan diikutsertakan pada acara wisuda tahfidzul qur’an yang insyaallah akan diselenggarakan pada 18 Maret 2023 mendatang.

Sebelum diselenggarakan ujian tahfidz, peserta ujian kelas 6 telah mengikuti beberapa rangkaian tahapan, diantaranya rutin menyetor kepada guru pembimbing hafalannya, mengulang-ulang kembali bacaan Al-Qur’an yang mereka hafal (muroja’ah) kepada guru pembimbing. Ananda Fatna Khalimatul Aghniya, merupakan salah satu peserta ujian tahfidz dengan hafalan terbanyak yaitu 4 juz diantaranya juz 30, 29, 1 dan 2 (Surat Al-Baqarah hingga selesai).

Bapak Ramadhan Nur Said, S.Pd yang biasa dikenal dengan Pak Rendi menyampaikan bahwa ujian akhir tahfidz ini bukan akhir bagi penghafal Al-Qur’an di Mutual. Namun, ini adalah langkah awal bagi mereka menjadi hafidz qur’an. -Nsrn