Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

Muhiska Gelar Baitul Arqom untuk Siapkan Peserta Didik Terjun di Masyarakat

Baitul Arqam adalah suatu bentuk Pembinaan di Muhammadiyah yang berorientasi pada pembinaan ideologi keislaman dan kepemimpinan. Tujuan kegiatan Baitul Arqam ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman keislaman, menciptakan kesamaan dan kesatuan sikap, integritas, wawasan dan cara berpikir di kalangan anggota persyarikatan dalam melaksanakan misi Muhammadiyah.

Ketua Baitul Arqom, Dra. Willys sari Listiyani, M.Pd., berujar, “Semoga dengan kegiatan Baitul Arqam seluruh peserta didik kelas XII mendapat materi untuk bekal setelah purna studi dari SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari”.

Kegiatan Baitul Arqam diselenggarakan untuk lebih memahami hakikat Muhammadiyah. Disaat kita berada di lingkungan Amal Usaha Muhammadiyah, maka kita dituntut untuk bisa mempelajari dan memahami apa itu Muhammadiyah. Karena itulah, salah satu yang dipelajari dalam Baitul Arqam adalah Paham Agama dalam Muhammadiyah, yang menjelaskan prinsip-prinsip ibadah yang benar. Muhammadiyah adalah gerakan Islam yang melaksanakan dakwah dan tajdid untuk terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Dalam hal ini, untuk membekali peserta didiknya sebelum purna studi dari SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, maka sekolah melaksanakan kegiatan Baitul Arqam yang sifatnya wajib untuk diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XII.
Bertepatan pada hari Kamis 3 Februari 2023, SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menyelenggarakan kegiatan Baitul Arqam dan diikuti oleh seluruh siswa/siswi kelas XII SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Baitul Arqam merupakan kegiatan rutin tahunan yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XII yang nantinya akan mendapatkan syahadah/sertifikat sebagai salah satu syarat kelulusan. Kegiatan dilaksanakan dalam waktu sehari dengan 4 materi yang akan disampaikan. Dalam pelaksanaan Baitul Arqam seluruh peserta didik dilarang untuk membawa hp dengan tujuan agar peserta khusyuk dan fokus dalam belajar.
Pukul 07.00 tepat kegiatan dimulai, seluruh peserta didik memasuki ruang kelas masing-masing untuk registrasi dan presensi oleh wali kelas. Setelah presensi dilanjutkan dengan tadarus al-Qur’an dipimpin oleh wali kelas masing-masing. Selesai tadarus, masuk materi pertama yaitu tentang bab al-Qur’an yang disampaikan oleh Achmad Thoha, S.Ag. dalam bab al-Qur’an ini peserta didik belajar tenatng adab memperlakukan al-Qur’an. Kemudian dilanjutkan materi kedua tentang Pedoman Hidup Islam Warga Muhammadiyah (PHIWM), yang berisi tentang Pandangan Islam Tentang Kehidupan, yaitu mengenai agama islam, sifat-sifat yang harus dimiliki seorang muslimin yang disampaikan oleh Setyowati, S.Ag. materi ketiga membahas tentang kehidupan Berorganisasi, yang menjelaskan bagaimana cara berorganisai, menyelesaikan masalah dan konflik yang disampaikan oleh Suratman, S.Pd.I. Dilanjutkan materi terakhir tentang Himpunan Tarjih Muhammadiyah (HPT) yang disampaikan oleh Mustofa, S.Pd.I.

Dengan adanya kegiatan Baitul Arqam ini diharapkan agar seluruh peserta didik kelas XII mendapat banyak pengetahuan mengenai materi yang disampaikan oleh pemateri yang bisa dijadikan bekal nantinya setelah purna studi dari SMA Muhammadiyah 1 Surakarta untuk bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari