Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial di Jawa

Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial di Jawa

Penulis: Linggar Yekti Nugraheni, Siti Fikriyah Khuriyati, San Afri Awang, Robertus Setiawan Aji Nugroho, Agnes Advensia Chrismastuti, Probo Y. Nugrahedi, Shresta Purnamasari, Apelina Teresia, Stefani Firzca Dewi, Christya Putranti.

Buku ini ditulis mengikuti aliran gagasan dan praktikal atas subyek bernama Perhutanan Sosial (PS) di kawasan hutan Negara Pulau Jawa. Perhutanan Sosial adalah sistem pengelolaan hutan lestari yang dilaksanakan dalam kawasan hutan negara atau Hutan Hak/Hutan Adat yang dilaksanakan oleh Masyarakat Setempat atau Masyarakat Hukum Adat sebagai pelaku utama untuk meningkatkan kesejahteraannya. Data dan informasi empiris dalam penyusunan buku ini berasal langsung dari keseharian para pelaku petani dan pendamping petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan (KTH) dan gabungan KTH. Kegiatan lembaga Gerakan Masyarakat (Gema) Perhutanan Sosial Indonesia telah berhasil membuat barisan yang kuat bersama rakyat petani Perhutanan Sosial (PS) di Jawa.

Buku ini memberikan penjelasan tentang Perhutanan Sosial dari sejak awal berdirinya, maksud dan tujuan PS serta profil KTH di 3 provinsi di Pulau Jawa. Konsep gerakan di masa depan serta kaitan dengan hukum, keuangan dan pajak juga dibahas di bagian akhir buku.

Baca lebih lanjut…