Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Ribuan Mahasiswa PPG Prajab ikuti Pembekalan PPL

Ribuan Mahasiswa PPG Prajab ikuti Pembekalan PPL
image_pdf
Ketua Program Studi PPG SPs UM, Dr. Muhammad Alfan, S.Pd, M.Pd. memberikan materi saat pembekalan pelaksanaan PPL mahasiswa PPG Prajab Sekolah Pascasarjana UM

Malang-Sebanyak 1.646 Mahasiswa Program Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Negeri Malang mengikuti pembekalan pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), Jumat, 3/2/2023, di Graha Cakrawala UM.

Para mahasiswa PPG Prajab UM ini nantinya akan tersebar ke sejumlah sekolah di kota dan kabupaten seluruh Jatim Timur,  berdasarkan kebijakan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud RI.

Ketua Program Studi PPG SPs UM, Dr. Muhammad Alfan, S.Pd, M.Pd, menyampaikan bahwa ploting penempatan PPL PPG Prajab berdasarkan kategori PPL di Sekolah Mitra, PPL berbasis domisili yang gurunya sudah purna/pensiun, dan dasar lain yaitu hasil konsorsium Dirjen GTK dengan pengelola PPG se-jawa timur dan para Kepala Dinas Pendidikan Jatim di Unesa tanggal 3-4 Januari 2023.

“Peserta PPL ini merupakan mahasiswa PPG Prajabatan tahun 2022 gelombang 1 dan gelombang 2. gelombang 1 sejumlah  889 mahasiswa, sedangkan gelombang 2 sejumlah 757 mahasiswa. Mereka yang gelombang 1 saat ini mejalani PPL II di semester 2, sementara mahasiswa PPG Prajab gelombang 2 menjalani PPL I pada semester 1,” jelasnya.

Lebih lanjut Dosen Departemen Sastra Arab FS UM ini menambahkan pelaksanaan PPL I berlangsung 6 Februari s.d 24 Maret 2023, dan PPL II 20 Februari s.d 16 Juni 2023.

Sementara itu, Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana UM, Prof. Dr. Yusuf Hanafi, M. Fil. I, saat membuka acara menitipkan pesan kepada peserta PPL. Hal pertama yang disampaikan Prof. Yusuf Hanafi adalah  kepercayaan diri mahasiswa. Hal ini tidak berarti sombong, congkak dan sebagainya, tetapi menandakan bahwa para mahasiswa sudah memperoleh gelar sarjana, sudah berilmu dan siap mendidekasikan keilmuan saudara untuk sekolah.

Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana UM, Prof. Dr. Yusuf Hanafi, M. Fil.I, saat membuka acara pembekalan pelaksanaan PPL mahasiswa PPG Prajab

“Kedua, tanggap, cekatan dan inovatif di sekolah. Tidak hanya mengajar, tetapi Saudara harus mampu terlibat pada kegiatan sekolah, dan ketiga, menjaga nama baik institusi almamater UM. Apa yang Saudara lakukan di sekolah akan berdampak kepada kampus. Apabila Saudara berkelakuan baik, maka akan baik pula untuk kampus dan sebaliknya,” papar Prof. Yusuf Hanafi.

Salah seorang peserta PPG Prajab, Riki Pratama, mengungkapkan kesannya mengikuti PPG Prajab. Mahasiswa PPG Prajab asal Kab. Trenggalek ini gembira tatkala dinyatakan lulus sebagai peserta.

“Gembira, kesempatan mengikuti PPG prajab tidak mudah, melalui tahap seleksi yang ketat,” tuturnya.

“Perkuliahan PPG lebih menekankan pada profesi guru, penekanan aspek pedagogik, kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial,” lanjutnya.

Riki Pratama (ketiga dari kanan) saat melakukan praktek pembelajaran di Sekolah Mitra

Mahasiswa Prodi Sejarah ini juga berharap nantinya para mahasiswa PPG dapat disalurkan dengan baik sesuai pakta integritas yang telah disepakati di awal perkuliahan.

“Saya secara pribadi juga berharap dapat mengembangkan disiplin ilmu yang saya miliki untuk perkembangan pendidikan Indonesia yang lebih baik,” pungkasnya.

Rangkaian pembekalan PPL mahasiswa PPG Prajab ini meliputi pemaparan materi Budaya Sekolah oleh Kepala Pusat PPL LPPP UM, Dr. Sopingi, S.Sos, M.Pd., materi Sistem dan Prosedur PPL PPG Prajabatan oleh Ketua Prodi PPG SPs, Dr. Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd, Materi PPL I oleh Fatiya Rosyida, S.Pd., M.Pd, dan materi PPL II oleh  Yuniawatika, S.Pd., M.Pd.

Penulis : Suhardi