Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Pendaftaran SNBP 2023 Segera Dibuka, Ini Tanggal dan Link-nya

Pendaftaran SNBP 2023 Segera Dibuka, Ini Tanggal dan Link-nya

JAMBI,- SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi pengganti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan salah satu rangkaian Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023. Pendaftaran SNBP akan dimulai pada 14 Februari 2023 mendatang. SNBP merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru di PTN yang menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan prestasi akademik.

Dikutip dari laman SNPMB BPPP Kemdikbud, tahapan untuk mencapai siswa yang bisa mendaftar SNBP 2023 itu dimulai dari pengumuman kuota dan registrasi akun SNPMB. Tim SNPMB kemudian menginformasikan jumlah siswa yang eligible berdasarkan akreditasi sekolah. Setelah itu, sekolah menentukan calon peserta SNBP berdasarkan data SNPMB dari jumlah siswa dan akreditasi di Dapodik Pusdatin Kemendikbudristek atau EMIS-Pendis Kementerian Agama (Kemenag). Dilanjutkan dengan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Setelah proses penetapan siswa eligible dan pengisian PDSS selesai, maka siswa yang masuk datanya dalam PDSS dapat melakukan pendaftaran SNBP 2023. Pendaftaran SNBP 2023 dilakukan di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

 

Pendaftaran SNBP 2023 akan dimulai secara serentak pada 14 Februari 2023 dan ditutup pada 28 Februari 2023. Siswa bisa memilih program studi dan juga mengunggah portofolio di laman tersebut. Setelah masa pendaftaran SNBP ditutup pada 28 Februari 2023, maka pengumuman hasil SNBP dijadwalkan pada 28 Maret 2023. Hasil kelulusan akan dimumumkan di laman SNPMB atau di sejumlah laman mirror pada pukul 15.00 WIB.

Bagi peserta yang dinyatakan lolos SNBP 2023 maka harus melakukan daftar ulang di PTN yang dipilih. Daftar ulang wajib dilaksanakan, jika tidak nama peserta akan hangus dari daftar calon mahasiswa di PTN tersebut. Informasi resmi dan berbagai pertanyaan seputar SNPMB jalur SNBP dapat dicari jawabanya di web resmi SNPMB, https://halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/helpdesk/id/category/1.

Kepala HUMAS UNJA, Mochammad Farisi, S.H., LL.M., menjelaskan bahwa UNJA juga akan melaksanakan sosialisasi ke 11 kabupaten/kota di Provinsi Jambi untuk memaparkan secara lebih rinci mengenai sistem SNBP kepada para Kepala Sekolah yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan juga guru serta pelajar.

“UNJA telah membentuk tim sosiliasi dan promosi, minggu depan insyaAllah mulai sosialisasi tentang SNPMB khususnya SNBP, menjelaskan profil UNJA dan juga Kartu Indoensia Pintar (KIP) Kuliah 2023,” ujar Farisi.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS