Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

Demi Menjaga Kualitas Akademis, SMAN 3 Borong Lakukan Refleksi Bersama dan Berbagai Praktik Baik Melalui Kegiatan IHT

Kepala sekolah SMAN 3 Borong Konstantinus Everson Rada, S.Psi saat memberikan sambutan dalam kegiatan IHT

Dalam meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan di sebuah sekolah, diperlukan sebuah pelatihan yang bernama In House Training atau yang disingkat IHT.

IHT merupakan sebuah agenda tahunan yang wajib dilakukan di setiap sekolah penggerak saat memasuki tahun ajaran yang baru.

Sebagai sekolah penggerak yang menerapkan Kurikulum Merdeka, Civitas Akademika SMAN 3 Borong melangsungkan kegiatan In House Training (IHT) selama 3 hari dari tanggal 31 Januari hingga tanggal 2 Februari 2023.

Kegiatan yang di kemas dalam tema “Menjaga Kualitas Akademis Melalui Refleksi Bersama dan Berbagai Praktik Baik” itu mengambil tempat di Laboratorium Komputer SMAN 3 Borong dan dibuka oleh Ibu Wakasek Kurikulum, Yuli Sinarni Leso, S.Ag.

Ibu Wakasek kurikulum SMAN 3 Borong, Yuli Sinarni Leso, S.Ag saat memberikan sambutan dalam kegiatan IHT

Dalam sambutannya, selain mengapresiasi tema yang diusung panitia penyelenggara, wanita paru baya yang mengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik itu juga menegaskan kepada para guru agar mengikuti kegiatan IHT ini dengan serius agar mendapatkan bekal dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka.

Adapun materi IHT tingkat SMAN 3 Borong kali ini adalah kebijakan sekolah tentang IKM, Refleksi bersama para guru, berbagi praktik baik, pemanfaatan aplikasi platform merdeka mengajar (PMM), dan penyusunan modul ajar berdiferensiasi.

Dalam mengupas tuntas materi-materi tersebut, lembaga Civitas Akademika SMAN 3 Borong mempercayakan guru-guru penggerak, pengajar praktik dan kordinator DKP guru penggerak SMAN 3 Borong untuk memandu kegiatan tersebut.

Bapak Konterius Prihatno, S.Pd, Gr saat memandu kegiatan IHT tingkat SMAN 3 Borong

Selain membagi banyak tips bermanfaat untuk memperkaya pengetahuan dan meningkatkan kompetensi guru dalam mendidik peserta didik, para pemandu kegiatan IHT juga memperkaya diskusi dengan meminta para guru yang menjadi peserta dalam kegiatan IHT itu untuk melakukan refleksi dan berbagai praktik baik berdasarkan pengalaman dalam mengajar siswa.

salah seorang guru saat membagi praktik baik dalam kegiatan IHT

Memasuki hari kedua kegiatan IHT tingkat SMAN 3 Borong, sesi berbagai praktik baik dan refleksi dari para guru pun dilanjutkan dengan menceritakan tantangan dan solusi selama menjalankan proses KBM di kelas. Setelah sesi berbagai praktik baik itu dilakukan, bapak Silvanus Labur, S.Pd, selaku koordinator DKP guru penggerak SMAN 3 Borong menutup kegiatan IHT hari kedua dengan memaparkan materi tentang langkah-langkah membuat modul ajar.

Bapak Silvanus Labur, S.Pd, saat memaparkan materi dalam kegiatan IHT

Memasuki hari ketiga yang adalah hari terakhir kegiatan IHT tingkat SMAN 3 Borong itu, para guru diminta untuk menyusun modul sesuai mata pelajaran yang diampuh.

Setelah modul ajarnya disusun, para guru kemudian diminta untuk mempresentasikan modul ajar yang telah disusunnya tersebut di depan bapak Kepala Sekolah dan teman guru lainnya untuk kemudian dievaluasi secara bersama-sama.

Sementara itu, Konstantinus Everson Rada, S.Psi selaku Kepala Sekolah SMAN 3 Borong, dalam sambutannya sebelum menutup kegiatan tersebut memberikan apresiasi kepada segenap guru SMAN 3 Borong yang telah mengikuti kegiatan IHT ini dengan baik. Dia berharap, kegiatan IHT ini bisa meningkatkan kompetensi para guru dalam mendidik peserta didik dan juga berharap agar modul yang disusun berdasarkan panduan yang diberikan selama kegiatan IHT nantinya akan di publikasikan ke website sekolah.