Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

Pelaksanaan Tri Dharma PT, Undiksha dan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo Jalin Kerjasama

Pelaksanaan Tri Dharma PT, Undiksha dan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo Jalin Kerjasama

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) bekerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi dalam penguatan dan peningkatan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Terbaru, Kerjasama dijalin dengan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Jawa Timur. Penandatangannya berlangsung di Ruang Ganesha III Rektorat Undiksha, Senin (30/1/2023).

Penandatangan Kerjasama dilakukan oleh Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., dan Rektor Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Dr. Drs. Ec. Karnadi, M.Si. Acara ini disaksikan oleh Wakil Rektor, Kepala Biro, dan Bagian Kerjasama. Pada kesempatan ini, kedua perguruan tinggi saling memberikan gambaran tentang tata kelola lembaga, baik terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi maupun secara khusus pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Rektor Undiksha, Prof. Jampel memberikan apresiasi atas terjalinnya Kerjasama ini. Menurutnya, dalam era globalisasi ini dan adanya perubahan yang begitu cepat, perguruan tinggi tidak bisa berjalan sendiri. Tetapi harus berkolaborasi, bersinergi dengan perguruan tinggi lain, dunia usaha, maupun dunia industri. “Kebetulan Undiksha dan Universitas Abdurachman Saleh Sitobondo ini ada kesepakatan untuk menjalin kerjasama. Tentu tujuannya dengan kebersamaan ini kita bisa mengatasi persoalan-persoalan yang akan datang,” katanya.

Melalui Kerjasama ini, diharapkan dapat secara bersama-sama melakukan penguatan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu juga bersama-sama meningkatkan critical thingking mahasiswa, meningkatkan kreativitas, dan membangun kolaborasi. “Tanpa kolaborasi tentu akan tertinggal dan terlindas oleh zaman. Di samping itu harus ada komunikasi, compation, dan computational thingking,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Dr. Karnadi menyampaikan dirinya melihat perkembangan Undiksha luar biasa. Ia juga mengatakan keinginannya untuk menjalin kerjasama dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi sudah ada sejak lama. “Sebenarnya sudah sejak lama tapi kebetulan ada dosen saya ujian terbuka, jadi saya ajak rombongan untuk ikut tapi tidak bisa semua sehingga hanya Rektor, Warek, dan Pembina Yayasan,” jelasnya.

Undiksha dan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo memiliki kesepahaman visi yang arahnya mewujudkan lulusan yang unggul, memiliki good interpersonal skill atau karakter yang baik. Oleh akrena itu jalinan kerjasama ini dinilai sangat tepat dan sangat penting ditindaklanjuti dengan program nyata. Kerjasama ini diharapkan dapat berkontribusi dalam peningkatan masing-masing universitas. (hms)