Rabu, 24 April 2024
Sekolah Dasar

Tumbuhkan Keimanan dan Ketakwaan kepada Allah melalui Islahul Qulub kelas 5 dan 6 Putra SD Islam Hidayatullah Semarang

Tumbuhkan Keimanan dan Ketakwaan kepada Allah melalui Islahul Qulub kelas 5 dan 6 Putra SD Islam Hidayatullah Semarang

Oleh: Ustaz Feri, 22 Januari 2023, 13.15 WIB

Alhamdulillah, SD Islam Hidayatullah Semarang pada Jumat dan Sabtu, 20–21 Januari 2023 telah melaksanakan kegiatan Islahul Qulub bagi siswa putra kelas 5 dan 6.

Kegiatan tersebut diawali dengan kedatangan siswa di sekolah pukul 14.30 WIB, dilanjutkan serangkaian kegiatan. Kegiatan pertama, salat asar di musala kemudian mendengarkan nasihat bijak mengenai Adab terhadap Orang Tua, Guru, dan Teman yang disampaikan oleh Ustaz Fachruddin Aziz, Lc., MA.

Kegiatan berikutnya, makan malam bersama di kantin. Anak-anak sangat antusias dan semangat karena biasanya mereka lakukan hal itu saat siang atau istirahat, kali ini mereka menikmatinya saat malam ditemani sejuknya udara malam. Tak lupa, salat magrib berjamaah di mushala. Sembari menunggu waktu isya, ananda melakukan tadarus Al-Qur’an bersama bakda magrib.

Bakda ibadah salat, mereka menyimak materi, yaitu ananda diajak untuk merefleksikan macam-macam adab yang benar. Hal itu dengan bermain peran per kelompok. Sangat aktif dan riuh suasana malam itu. Terakhir, siswa kembali ke kelas untuk beristirahat.

Dini hari, pukul 03.00 WIB, siswa dibangunkan untuk melaksanakan salat tahajud berjamaah di musala, tak ketinggalan juga tadarus Al-Qur’an bersama, sembari menunggu waktu subuh tiba. Ketika masuk subuh, siswa melaksanakan salat subuh berjamaah dengan khusyuk. Kini, tiba saatnya siswa melaksanakan rangkaian acara yang terakhir sebelum berkemas untuk kembali ke rumah masing-masing. Siswa diajak untuk olahraga bersama dengan berjalan-jalan mengelilingi lingkungan di luar sekolah (bahasa kerennya, jalan sehat).

Harapan semua pihak, semoga dengan terselenggaranya kegiatan Islahul Qulub dapat menjadi wadah bagi anak-anak Hidayatullah, khususnya kelas 5 dan 6 di lingkungan SD Islam Hidayatullah Semarang untuk menguatkan adab sebagai seorang muslim sesuai dengan yang diajarkan oleh uswatun-hasanah kita, Baginda Muhammad saw. Selain itu, dapat menambah rasa keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt.