Selasa, 23 April 2024
Sekolah Menengah Atas

”Kenali Tujuan adalah Kunci Keberhasilan” dari PAMUJI SOLO

”Kenali Tujuan adalah Kunci Keberhasilan” dari PAMUJI SOLO

SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menggelar acara Alumni Mengajar Kelas Inspiratif (Jumat, 3 Februari 2023). Kegiatan diisi oleh Dr. R. Taufiq Nur M., SE., MM., M.Pd., CH., sekretaris PAMUJI (Perkumpulan Alumni Muhammadiyah Siji) sebagai alumni tahun 1986 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Tema kegiatan Alumni Mengajar Kelas Inspiratf adalah Konsep Pendidikan Tinggi Berkemajuan dan Kiat Sukses Motivasi Belajar di Perguruan Tinggi.

Humas SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd. berujar bahwa ”Kegiatan Alumni Mengajar Kelas Inspiratif merupakan sebagai bentuk bakti alumni kepada kampusnya yang masih peduli pada adik-adik kelasnya agar menjadi generasi yang sukses di dunia dan akhirat”.

Kegiatan Alumni Mengajar Kelas Inspiratif diikuti oleh 117 peserta didik kelas XII SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dipandu oleh MC Dwi Padang Rusdiyanto, S.Pd., guru Bimbingan Konseling SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dan operator Inmas Indratama, S.Pd.

Dr. R. Taufiq Nur M., SE., MM., M.Pd., CH., mengawali dengan pengenalan diri selanjutnya memotivasi agar peserta didik menjadi generasi muda siap menghadapi masa depan dengan membayangkan kebahagiaan orangtua yang ingin anaknya lekas lulus. Untuk mencapai cita-cita tersebut peserta didik harus rajin belajar. Belajar merupakan perubahan perilaku maupun pengetahuan relatif menetap disebabkan oleh pengalaman. Sehingga perlu diciptakan pengalaman belajar.

Sukses belajar terjadi ketika tercapai learning to know, learning to be, learning to do, learning to live dan learning togeter. Belajar untuk mengetahui artinya belajar harus dapat memahami apa yang dipelajari bukan hanya untuk dihafal tetapi harus ada pengertian yang mendalam. Selain itu, belajar untuk mengerjakan dan belajar untuk hidup bermasyarakat.

Hindari menunda-munda belajar dengan cara jangan menunda-nunda apa yang harus dikerjakan, patuhi jadwal yang telah ditentukan, mengerjakan sesuai jadwal dengan membatu mengurangi stres, pengerjaan sesuai jadwal meningkatkan kualitas pengerjaan.

Cara menghindari kebiasaan menunda pekerjaan dengan: memiliki jadwal yang terencana dan meluangkan waktu mengerjakan tanpa gangguan. Untuk memiliki jadwal yang terencana dengan menentukan tujuan, membuat skala prioritas dan membuat deadline. Adapun kunci berhasil dalam studi adalah kenali tujuan.

Kuasai ketrampilan belajar untuk mendukung keberhasilan dengan: Manajemen waktu (mengelola mengelola waktu belajar), Take note (cara belajar dengan strategi cerdas), Membaca  modul (membaca dengan cara efektif) dan Manajemen stres (mengelola stres).

Untuk mengenali Perguruan Tinggi dengan cara membaca katalog Perguruan Tinggi, berkunjung ke laman Perguruan Tinggi dan miliki kontak person Perguruan Tinggi. Adapun untuk mempelajari tentang Perguruan Tinggi kenali system belajarnya, mata kuliah yang akan dipelajari sampai lulus dan ketentuan administrasi.

Semoga dengan adanya kegiatan Alumni Mengajar Kelas Inspiratif  berhasil memotivasi peserta didik untuk menjadi generasi hebat dengan mengenal tujuan seperti yang dicita-citakan.