Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

FKIP UNIB Gelar Pengukuhan dan Sumpah Profesi 672 Guru Profesional

<strong>FKIP UNIB Gelar Pengukuhan dan Sumpah Profesi 672 Guru Profesional</strong>

FAKULTAS Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu melakukan pengukuhan dan sumpah profesi terhadap 672 lulusan Program Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) tahun 2022 dan Prajabatan tahun 2021, secara hybrid luring di Grage Hotel Kota Bengkulu, dan daring via aplikasi Zoom, Sabtu (4/2/2023).

Dekan FKIP UNIB Dr. Alexon, ketika mengukuhkan ratusan lulusan PPG Daljab FKIP UNIB 2022.(foto:hms1)

Jumlah lulusan yang mengikuti pengukuhan secara luring atau offline di Grage Hotel sebanyak 300-an orang, dan 300-an orang lainnya mengikuti secara daring di kediaman masing-masing. Sebelum dikukuhkan pada pukul 10.00 WIB, para lulusan terlebih dulu diberikan pembekalan melalui seminar tentang Peningkatan Profesional Guru Berbasis Digital dan Kearifan Lokal yang disampaikan Prof. Dinn Wahyudin, MA dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Ke 672 lulusan tersebut terdiri dari PPG Daljab Kategori Satu sebanyak 357 orang, dengan rincian : Bahasa Indonesia 32 orang, Bahasa Inggris 29 orang, PAUD 31 orang, PGSD 196 orang, dan PJOK 69 orang. Kemudian, PPG Daljab Kategori Dua sebanyak 305 orang, dengan rincian : Bahasa Indonesia 29 orang, Bahasa Inggris 33 orang, Biologi 26 orang, Matematika 26 orang, PAUD 63 orang, PGSD 95 orang dan PJOK 33 orang. Serta PPG Prajabatan 2021 bidang Matematika sebanyak 10 orang.

Ketua PGRI Provinsi Bengkulu memandu Sumpah Profesi bagi 672 lulusan PPG FKIP UNIB 2022.(foto:hms1)

Pengukuhan dilakukan oleh Dekan FKIP UNIB Dr. Alexon dan Pengucapan Sumpah Profesi dipandu oleh Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Bengkulu, Dr. Hariyadi, S.Pd, MM, M.Si, didampingi rohaniawan yang disesuaikan dengan agama para peserta.

“Saya nyatakan Saudara telah lulus pada Program Pendidikan Profesi Guru yang ditempuh di FKIP Universitas Bengkulu Dengan demikian Saudara berhak menyandang Predikat Guru Profesional. Semoga Allah SWT Memberkati Kita Semua, Aamiin Yaa Rabbal A’lamiin,” ucap Dr. Alexon mengukuhkan, seraya mengetuk palu sebanyak tiga kali.

Sebelumnya, Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc yang membuka acara ini secara resmi, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para lulusan PPG Daljab dan Prajabatan FKIP UNIB yang telah dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar Gr (Guru Profesional).

Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, ketika membuka acara dan memberikan ucapan selamat kepada para lulusan PPG Daljab UNIB 2022. (foto:hms1)

“Semoga ilmu yang didapat melalui PPG ini dapat lebih meningkatkan kapasitas Saudara sebagai Guru Profesional. Pesan saya, jadilah guru dengan sepenuh hati, untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu membawa kemajuan Bangsa di masa akan datang,” ujar Dr. Retno Agustina Ekaputri.

Usai dikukuhkan dan mengucapkan Sumpah Profesi, para lulusan diberikan Sertifikat Guru Profesional oleh panitia. Beberapa perwakilan lulusan yang mewakili bidang dan kategori masing-masing didaulat maju ke depan untuk menerima sertifikat secara langsung dari Rektor UNIB yang didampingi Dekan FKIP, Koordinator PPG, dan Ketua PGRI Provinsi Bengkulu. Selanjutnya, acara diakhiri dengan sesi foto bersama.

Pemberian Sertifikat Guru Profesional kepada 672 lulusan PPG Daljab UNIB 2022.(foto:hms1)

Informasi dihimpun Tim Humas UNIB, total mahasiswa Daljab Kategori Satu tahun 2022 sebanyak 377 orang dan sebanyak 20 orang dinyakan Belum Lulus. Dengan demikian, tingkat kelulusan mencapai 95 persen. Kemudian, untuk Daljab Kategori Dua tahun 2022 sebanyak 340 orang dan sebanyak 35 orang yang dinyatakan Belum Lulus, sehingga tingkat kelulusan hanya 90 persen. Dan untuk Prajabatan jumlah mahasiswa sebanyak 11 orang dan satu orang dinyatakan Belum Lulus, sehingga tingkat kelulusan 91 persen.

Rektor UNIB menyerahkan Sertifikat Guru Profesional kepad perwakilan lulusan PPG Daljab.(foto:hms1)

Asal peserta PPG Daljab Kategori Satu, sebanyak 245 orang dari Provinsi Bengkulu, 49 orang dari Provinsi Jambi, 4 orang dari Kalimantan Selatan, 1 orang dari Kalimantan Timur, 19 orang dari Kalimantan Utara, 5 orang dari Nusa Tenggara Barat, 11 orang dari Sulawesi Barat, dan 43 orang dari Sumatera Selatan.

Lalu untuk peserta PPG Daljab Kategori Dua, berasal dari Provinsi Bengkulu sebanyak 144 orang, 3 orang dari Provinsi Aceh, 25 orang Provinsi Jawa Barat, 1 orang Provinsi Jawa Tengah, 34 orang dari Jawa Timur, 12 orang dari Kepulauan Bangka Belitung, 18 orang dari Kepulauan Riau, 2 orang dari Lampung, 10 orang dari Sulawesi Barat, 1 orang Sulawesi Tengah, 69 orang dari Sumatera Barat, dan 21 orang dari Sumatera Selatan.[Penulis : Purna Herawan. Editor : Nursihati/Humas].

Foto bersama usai acara pengukuhan, pengucapan sumpah profesi dan pembagian Sertifikat Guru Profesional lulusan PPG Daljab UNIB 2022.(foto:hms1)