Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Rektor ITS Fokuskan Inovasi Publikasi bagi Mahasiswa Pascasarjana

Rektor ITS Fokuskan Inovasi Publikasi bagi Mahasiswa Pascasarjana

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng berikan sambutan pada IPITS dan Pengukuhan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana ITS Semester Genap 2022/2023

Kampus ITS, ITS News — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menggelar Informasi Pengenalan ITS (IPITS) dan Pengukuhan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Semester Genap 2022/2023. Kegiatan penyambutan mahasiswa baru (maba) program magister dan doktor ini berlangsung hybrid bertempat di Auditorium Research Center ITS lantai 11, Selasa (31/1).

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng, dalam sambutannya menekankan kepada para mahasiswa terkait pentingnya inovasi serta tanggung jawab publikasi yang mesti dicapai selama masa perkuliahan. Laki-laki yang kerap disapa Ashari ini menuturkan bahwa fokus tersebut sejalan dengan visi ITS untuk menuju research and innovation university hingga 2030 ke depan. “Sudah kita upayakan sejak empat tahun ke belakang dan akan terus berlanjut,” ujarnya.

Ashari menerangkan, inovasi sebagai sesuatu yang diciptakan dan diperbaiki dengan keterbaruan dimaksudkan untuk menjadi sarana penolong dan sumber kebermanfaatan bagi masyarakat. Ia menyebut bilamana kontribusi ITS di tengah masyarakat sendiri telah dikenal luas, contohnya saja Garansindo Electric Scooter ITS (GESITS), Robot Medical Assistant ITS-Universitas Airlangga (RAISA), hingga Bus Merah Putih.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng (paling kanan) dan Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT (paling kiri) bersama perwakilan mahasiswa pascasarjana yang baru saja dikukuhkan

Lebih dalam, Ashari turut memaparkan ragam sarana dan prasarana yang disediakan oleh ITS dalam menunjang kreativitas mahasiswa, khususnya bidang riset dan teknologi. Di mana, ITS memiliki sepuluh pusat riset yang dirancang sejalan dengan tujuan revolusi industri 4.0 hingga pusat kajian yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Tidak hanya itu, ITS juga memiliki fasilitas Science Techno Park (STP) ITS, yang mencakup berbagai klaster teknologi mulai dari maritim hingga otomotif.

Laki-laki kelahiran Sidoarjo tersebut menekankan, mahasiswa pascasarjana merupakan tumpuan utama ITS dalam publikasi jurnal nasional maupun internasional. Ia menyadari tanggung jawab ini bukanlah hal yang mudah, tetapi ia percaya para mahasiswa pasti mampu memberikan yang terbaik untuk ITS, masyarakat, maupun bangsa. “Jalani dengan tekad yang sungguh-sungguh, ITS menunggu produk publikasi terbaik Anda semua,” pungkas guru besar (gubes) Teknik Elektro tersebut.

Kasubdit Program Pascasarjana dan Profesi ITS Dr Eng Ardyono Priyadi ST MEng saat paparkan materi terkait kepascasarjanaan

Melalui kegiatan pengenalan ini, para peserta turut dibekali informasi esensial seputar ITS, meliputi pengenalan akademik, fasilitas, internasionalisasi, hingga pengenalan program penunjang kepascasarjanaan. Materi yang diberikan diharapkan mampu menjadi amunisi sekaligus pendobrak semangat maba untuk menjalani masa perkuliahan dan menghasilkan kontribusi terbaik sebagai sivitas akademika ITS. (*)

 

Reporter: Shafa Annisa Ramadhani
Redaktur: Yanwa Evia Java