Selasa, 23 April 2024
Perguruan Tinggi

Raih Pendanaan Bappenas, MET Unpad Gelar Double Degree dengan Universitas di Jepang

Raih Pendanaan Bappenas, MET Unpad Gelar Double Degree dengan Universitas di Jepang

[Kanal Media Unpad] Program Studi Magister Ekonomi Terapan (MET) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran meraih pendanaan Karyasiswa Linkage dan Reguler Jepang 2023 dari Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklantren) Bappenas RI. Penyerahan Karyasiswa tersebut dilakukan di Artotel Suites Yogyakarta, Kamis (2/2/2023).

Ketua Prodi MET Unpad Dr. Bayu Kharisma, M.M., M.E., mengatakan, Karyasiswa Linkage dan Reguler Jepang 2023 ini merupakan program pendanaan dari Bappenas untuk mendukung penguatan kerja sama dengan perguruan tinggi di Jepang, khususnya di bidang penyelenggaraan program pendidikan bersama (Double Degree).

“Pendanaan ini merupakan upaya rekognisi internasional terhadap Prodi Magister Ekonomi Terapan FEB Unpad,” tutur Bayu.

Bayu menjelaskan, MET menjadi satu-satunya prodi di Unpad yang menerima pendanaan tersebut. Secara nasional, pendanaan ini hanya diberikan kepada 10 prodi Magister di beberapa perguruan tinggi.

Tahap awal untuk mendapatkan linkage program tersebut adalah prodi harus sudah menjalin kerja sama dengan beberapa universitas mitra di Jepang yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman atau Perjanjian Kerja Sama. Dalam hal ini, MET Unpad sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Jepang, salah satunya dengan Rikkyo University.

Tahap selanjutnya adalah mempresentasikan prodi ke beberapa peserta calon penerima beasiswa dan donatur beasiswa. Terakhir, peserta yang dinyatakan memenuhi syarat wajib mengikuti wawancara dengan pihak Bappenas.

Dengan berhasil meraih pendanaan beasiswa, Prodi MET Unpad berhasil menyelenggarakan program Double Degree dengan beberapa kampus di Jepang, seperti Rikkyo University, The National Graduate Institute For Policy Studies (GRIPS), Takoshuko University dan Ritsumeikan University.

“Mahasiswa penerima beasiswa akan menyelesaikan kurikulum satu tahun pertama di MET FEB Unpad dan satu tahun berikutnya di berbagai universitas mitra di Jepang,” ujarnya.

Lebih lanjut Bayu mengatakan, program ini sangat penting untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi mahasiswa Indonesia untuk dapat bersaing di era revolusi industri 4.0. Selain itu, program ini juga menjadi upaya MET Unpad untuk terus berkiprah di kancah internasional.*