Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Unimed Gelar Finalisasi Penyusunan Modul Matakuliah Elektif PPG Prajabatan Tahun 2022/2023

Unimed Gelar Finalisasi Penyusunan Modul Matakuliah Elektif PPG Prajabatan Tahun 2022/2023

Universitas Negeri Medan menyelenggarakan kegiatan finalisasi penyusunan modul matakuliah elektif PPG Prajabatan tahun 2022/2023 yang dilaksanakan di Grand Mercure Medan Angkasa Hotel selama 3 hari, mulai 3 – 5 Februari 2023. Penyusunan modul sebelumnya sudah dilakukan dan telah direvisi beberapa kali berdasarkan hasil reviu. Pada tahap akhir, Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd. dan Prof. Drs. Sriadhi, M.Pd., M.Kom., Ph.D. menjadi reviewer dalam penyusunan modul matakuliah elektif PPG Prajabatan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor Unimed Prof. Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. bersama Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana, Ketua Koordinator PPG, Reviewer Modul dan Tim Penyusun Modul.

Dalam sambutannya, Rektor Unimed menyampaikan “beberapa waktu yang lalu, kita sudah memulai kegiatan penyusunan modul Mata Kuliah Efektif PPG Prajabatan Tahun 2022/2023. Kegiatan kita hari ini merupakan tahap akhir dari rangkaian kegiatan penyusunan modul Mata Kuliah Elektif, yang artinya kita akan melakukan finalisasi dan merampungkan penyusunan Modul Mata Kuliah Elektif PPG Prajabatan Tahun 2022/2023. Selaku LPTK pelaksana PPG Prajabatan, Unimed diamanahkan untuk menyusun modul mata kuliah elektif yang akan digunakan dan mendukung efektivitas pelaksanakan akademik PPG Prajabatan. Oleh karena itu, dalam kegiatan ini mari kita diskusikan secara maksimal, kita harus pedomani panduan penyusunan Modul Mata Kuliah Elektif yang dikeluarkan dari Ditjen GTK Kemdikbudristek.”

Selanjutnya, Prof. Syamsul Gultom menyampaikan “Mari kita diskusikan dengan baik, apa langkah-langkah terbaik dan tepat agar kita dapat segera melakukan finalisasi modul mata kuliah elektif untuk diterapkan di awal semester II dalam PPG Prajabatan Gelombang I di Unimed. Tentu dalam menghasilkan modul mata kuliah elektif ini, kita harus juga menjawab Profil Lulusan PPG Prajabatan yakni : Mengamalkan nilai-nilai Pancasila, Berkompeten, dan Guru Profesional yang menjadi teladan, serta pembelajar yang mampu mengembangkan rencana, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dan mewujudkan profil pancasila, serta terampil dalam mengembangkan lingkungan belajar dan memfasilitasi peserta didik belajar dengan melibatkan orang tua dan masyarakat.”

Menurut Ketua Koordinator PPG Unimed, Dr. Abil Mansyur, M.Si. mengatakan modul yang akan disusun untuk mata kuliah Elektif ada 3 modul yaitu Modul Pendidikan Berbasis Teknologi Terkini, Modul Pendidikan yang Renponsif terhadap Budaya, dan Modul Pendidikan Karakter. Ketiga modul ini nantinya akan menjadi kelompok matakuliah Elektif di Unimed yang dapat dipilih untuk digunakan sebagai matakuliah elektif disetiap gelombang, baik gelombang 1 dan 2. Selain itu, modul ini akan diinput ke LMS yang telah disiapkan oleh GTK sebagai sarana yang digunakan dalam pembelajaran PPG Prajabatan. Kegiatan ini diharapkan dapat menyempurnakan modul elektif yang sudah disusun agar menjadi modul yang baik dan layak digunakan pada pembelajaran PPG Prajabatan di Unimed. (Humas Unimed/eo)