Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

KKN Anak Bangsa VIII: Program Pengabdian Kolaborasi UAD dan IAIM Bima

KKN Anak Bangsa VIII: Program Pengabdian Kolaborasi UAD dan IAIM Bima

Pelepasan dan pengarahan KKN Anak Bangsa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di Bima Nusa Tenggara Barat (Foto: Istimewa)

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) laksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Anak Bangsa VIII berkolaborasi dengan Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tim tersebut berjumlah 38 mahasiswa yang terdiri atas 26 mahasiswa UAD dan 12 mahasiswa dari IAIM Bima.

Pengarahan dan pelepasan dilaksanakan pada Kamis, 2 Februari 2023 di Kampus IAIM Bima. Rektor IAIM Bima Hendra, M.Si. menyampaikan antusias dan harapannya kepada seluruh peserta KKN Anak Bangsa. “Kesempatan kolaborasi ini dari IAIM Bima mengutus aktivis Muhammadiyah dan saya berharap mahasiswa KKN dapat berkontribusi dengan baik bagi masyarakat setempat,” terangnya.

Di sisi lain, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIM Bima Dr. Nasaruddin, M.Pd.I. mengatakan bahwa ini merupakan kali pertama IAIM Bima berkolaborasi dengan UAD dalam penyelenggaraan program pengabdian masyarakat, khususnya di Bima. “Semoga kolaborasi ini dapat berkelanjutan hingga tahun-tahun ke depannya dalam pelaksanaan KKN,” imbuhnya saat pertemuan secara daring Januari lalu.

Desa Karampi, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, dipilih menjadi lokasi pelaksanaan KKN Anak Bangsa VIII. Acara pengarahan dan pelepasan dihadiri oleh Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D. yakni Wakil Rektor Bidang Akademik UAD, Jefre Farhan, S.T., M.Kom. sebagai dosen pembimbing lapangan (DPL), Hendra, M.Si. selaku Rektor IAIM Bima, Dr. Nasaruddin, M.Pd.I. yang merupakan Ketua LPPM IAIM Bima, serta tim LPPM UAD dan seluruh peserta KKN Anak Bangsa.

“Mahasiswa KKN UAD telah tersebar di beberapa kabupaten dan desa di Yogyakarta. Pada periode saat ini, kami juga menerjunkan mahasiswa di Kabupaten Pacitan. UAD pun menerjunkan beberapa mahasiswa untuk melaksanakan KKN di luar negeri, yaitu di Malaysia dan Thailand. Dan untuk luar Jawa di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) hanya KKN Anak Bangsa ini yang ada di UAD. Saya berharap, KKN Anak Bangsa VIII dapat mendedikasikan ilmunya kepada masyarakat Karampi sesuai dengan keilmuan masing-masing,” terang Wakil Rektor Bidang Akademik dalam sambutannya.

KKN Anak Bangsa UAD merupakan program KKN yang secara khusus ditujukan untuk kader aktif Organisasi Otonom Muhammadiyah. Mereka berupaya untuk memberdayakan mahasiswa kader Muhammadiyah UAD Yogyakarta, agar mampu bermanfaat bagi masyarakat tidak hanya di daerah sekitarnya saja.

Dalam acara tersebut, UAD jalin kerja sama dengan IAIM Bima yang selanjutnya ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UAD dan Rektor IAIM Bima. Setelah pelepasan dilanjutkan dengan penerjunan di Kantor Camat Langgudu. Ahmad Yani yang merupakan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) setempat menyambut hangat tim KKN Anak Bangsa didampingi oleh Abu Bakar, S.Sos. selaku Kepala Camat Langgudu.

 Abu Bakar menyampaikan, “Dengan potensi Desa Karampi yang ada yaitu laut dan gunung yang bersebelahan, saya berharap adik-adik mahasiswa dapat memberikan suatu perubahan dan pengetahuan baru untuk memberdayakan potensi desa.” (roy)

uad.ac.id