Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Prodamat MKM UAD Edukasi Remaja tentang Kesehatan Reproduksi

Prodamat MKM UAD Edukasi Remaja tentang Kesehatan Reproduksi

Seminar Prodamat Prodi MKM Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tentang Remaja Bergengsi Melek Kesehatan Reproduksi (Foto: Istimewa)

Program Studi (Prodi) Magister Kesehatan Masyarakat (MKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan seminar secara daring pada Sabtu, 21-01-2023 dalam rangkaian kegiatan Program Pemberdayaan Umat (Prodamat). Acara ini diikuti oleh lebih dari 150 peserta remaja dan mengusung tema “Remaja Bergengsi Melek Kesehatan Reproduksi”.

Kesehatan reproduksi dipilih sebagai pokok bahasan karena dinilai sangat dibutuhkan bagi remaja. Masa remaja merupakan salah satu fase paling penting dalam siklus kehidupan manusia yang diikuti dengan pertumbuhan fisik dan seksualitas. Di tahap ini, mereka akan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan penyediaan informasi yang benar perlu diberikan untuk mencegah perilaku pergaulan bebas yang marak terjadi di masyarakat akhir-akhir ini.

Seminar dibuka oleh Wakil Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UAD M. Samsu Hidayat, S.E., M.Sc., Ph.D. Dalam sambutannya, ia juga menyatakan bahwa masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa dan sering disebut fase pencarian jati diri. Dengan makin banyaknya arus informasi yang beredar, terutama dari internet, maka kontrol keabsahan informasi tersebut perlu dilakukan.

“Melalui webinar ini, diharapkan dapat memberi manfaat bagi remaja sebagai bekal untuk menyaring informasi yang diperoleh,” terang Samsu.

Dua narasumber yang merupakan para ahli di bidangnya hadir untuk memberikan materi terkait kesehatan reproduksi. dr. Esti Kurniasih, praktisi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, menjelaskan tentang definisi remaja, ciri fisiknya, dan seluk-beluk posyandu remaja. Sementara Farizandio Octan Feryant dari Yayasan Vesta Indonesia yang fokus dengan masalah HIV/AIDS mengupas tuntas terkait penyakit tersebut beserta cara penularan dan pencegahannya.

Acara berlangsung interaktif dengan tingginya antusiasme peserta. Pembagian hadiah berupa uang elektronik kepada mereka yang beruntung menjadi penutup rangkaian kegiatan hari itu. Tim di balik kesuksesan acara tersebut adalah 10 mahasiswa MKM UAD yang terdiri atas Esti Kurniasih, Annisa Rifdatul Marwa, Dea Pratiwi, Ezi Emira, Nur Asiyatul Janah, Nur Afni, Aldi Busura, Saras Kuntari, Basrudin, dan Deni Andriyani, dengan pembimbing Dr. Dyah Suryani, M.Kes. dan M. Samsu Hidayat, S.E., M.Sc., Ph.D. (tsa)

uad.ac.id