Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Pertama

ZIKRA (ZIARAH DAN KARYA WISATA) MTs NEGERI 1 PURWOREJO WEST JAVA OVERLAND

ZIKRA (ZIARAH DAN KARYA WISATA) MTs NEGERI 1 PURWOREJO WEST JAVA OVERLAND

PURWOREJO (7/2), Selasa 31 Januari 2023, sejumlah 277 siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Purworejo didampingi belasan guru, bertolak dari madrasah menuju West Java Overland untuk melaksanakan kegiatan ZIKRA (Ziarah dan Karya Wisata).

Kegiatan tersebut merupakan implementasi program kerja madrasah bidang kesiswaan yang bertujuan; 1) Memfasilitasi siswa dalam mempraktikan ajaran ahlus sunnah waljamaah yakni Ziarah Makam Aulia (Sunan Gunung Jati di Cirebon) 2) Memberikan pengalaman belajar di luar madrasah secara riil yaitu berkunjung ke Museum Sri Baduga dan Sanggar Seni Saung Angklung Udjo di Bandung guna melihat dari dekat benda-benda budaya bersejarah dan keragaman kesenian tradisional di Indonesia, dan 3) Memberikan kesempatan siswa untuk refreshing ke distinasi wisata modern,  Trans Studio dan berkunjung ke pasar rakyat di Cibaduyut.

Kegiatan yang berlangsung tiga hari (31 Januari – 02 Februari) tersebut   berjalan dengan lancar dan seluruh peserta tampak sangat menikmati.

Sebagai tindak lanjut, sepulang dari kegiatan seluruh siswa wajib menuliskan hasil pengamatannya selama kunjungan dalam bentuk Karya Tulis Ilmiah sesuai kelompok masing-masing di bawah bimbingan guru. Hal ini sesuai dengan branding MTs N 1 Purworejo yang menyadang status sebagai madrasah Riset Berstandar Nasional.