Jumat, 29 Maret 2024
Pondok Pesantren

20 Santri Pesantren Modern Sahid siap sambut Program Beasiswa BAZNAS untuk menuju Perguruan Tinggi Negeri 2023

20 Santri Pesantren Modern Sahid siap sambut Program Beasiswa BAZNAS untuk menuju Perguruan Tinggi Negeri 2023

Sebanyak 20 santri Pondok Pesantren Modern Sahid pada tahun 2023 mendapatkan program beasiswa BAZNAS . Program beasiswa tersebut merupakan program tahunan yang diberikan kepada santri di Indonesia dengan nama “Program Beasiswa Santri BAZNAS”. Program beasiswa ini sepenuhnya dikelola oleh pihak pesantren yang nantinya bisa digunakan untuk melakukan persiapan dan pendampingan terhadap santri penerima beasiswa BAZNAS masuk perguruan tinggi negeri.

Mengawali kegiatan pembinaan dan persiapan santri beasiswa untuk masuk perguruan tinggi negeri, Pesantren Modern Sahid melakukan sosialisasi kepada 20 santri penerima beasiswa yang dilaksanakan pada hari rabu, 15 Februari 2023 bertempat di aula bahagia wali sanga 2. Sosialisasi tersebut disampaikan langsung oleh Pimpinan Harian Pondok Pesantren Modern Sahid, Al Ustadz Muhammad Luqman, S.Pd.I M.E dengan didampingi oleh Kepala MA Sahid Ustadz Ilham Alamsyah beserta jajaran pengajar dan staf. Pada acara tersebut dihadiri juga oleh tim pendampingan santri beasiswa BAZNAS masuk perguruan tinggi negeri yaitu dari tim bimbingan belajar, dan konsultan pendidikan.

Dalam acara tersebut, Pimpinan Harian Pesantren menyampaikan beberapa tahap program pesantren menuju perguruan tinggi negeri, yang pertama adalah dilakukannya penandatanganan surat kesepakatan bersama antara santri dan pesantren dalam melakukan program tersebut dengan harapan para santri serius melakukan program pembinaan masuk PTN. Pada tahap kedua yaitu melakukan psikotes sebagai cara untuk mengetahui kemampuan diri santri dan jurusan kuliah yang paling sesuai. Di tahap ketiga, pesantren akan mengadakan seminar motivasi bagi peserta penerima beasiswa BAZNAS, dan terakhir menyelenggarakan bimbel internal dan eksternal bekerja sama dengan bimbel Scientist Corner Education sebagai wujud tanggung jawab pesantren dalam mendampingi belajar, memberikan latihan soal rutin kepada santri, melatih kepercayaan diri santri, dan untuk mendapatkan kiat-kiat masuk perguruan tinggi negeri.

Sebelum memasuki acara penandatanganan surat kesepakatan bersama, beliau berpesan agar para santri selalu semangat dan berkomitmen mengikuti tahapan-tahapan program yang telah ditentukan pesantren demi suksesnya program beasiswa BAZNAS santri masuk PTN.

(fwt)