Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Pertama

STUDI TIRU IKM SMP NEGERI 1 KANIGORO BLITAR DI SMP 4 PAKEM

STUDI TIRU IKM SMP NEGERI 1 KANIGORO BLITAR DI SMP 4 PAKEM

Foto :  Kepala SMP Negeri 4 Pakem memberikan sambutan

IKM SMP 4 Pakem : Penguatan Literasi, Pengembangan Karater, dan Peningkatan Lingkungan Belajar Seiring Berjalan Saling Menguatkan Penuh Inovasi.

SMP Negeri 4 Pakem – Sabtu (11/2/2023) menerima kunjungan dari guru dan karyawan SMP Negeri 1 Kanigoro  Blitar. Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka studi tiru Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Dalam kegiatan tersebut, SMP Negeri 4 Pakem berkesempatan untuk berbagai pengetahuan dan pengalaman terkait program-program dalam IKM.

Kegiatan dipandu oleh Hilda Shierly dan Sheikha, siswa SMP Negeri 4 Pakem. Ini merupakan kesempatan yang diberikan kepada siswa untuk mengasah bakatnya dan menambah kepercayaan diri dalam memandu acara. Selain itu, pada pra-acara menampilkan bakat siswa SMP Negeri 4 Pakem Queenscha Aya A.G. dengan suara merdunya.

Foto : kolaborasi guru Bahasa Jawa SMP Negeri 4 Pakem dan SMP Negeri 1 Kanigoro Blitar serta budayawan Sleman

Foto : Kolaborasi guru Bahasa Jawa SMP Negeri 4 Pakem dan SMP Negeri 1 Kanigoro Blitar serta budayawan Sleman

Kegiatan diawali sambutan Kepala SMP Negeri 4 Pakem dengan penjelasan tentang sejarah dan program-program unggulan sekolah. Setelah sambutan, ada penampilan kolaborasi dari guru bahasa Jawa SMP Negeri 4 Pakem dan SMP Negeri 1 Kanigoro yakni Ibu Hilma Oktaviana Fajrin dan Bapak Imam Riyadi serta Ibu Isti. Bapak Ibu guru tersebut secara spontan berkolaborasi mempersembahkan maca gurit dan macapat. Selain itu, hadir pula budayawan kabupaten Sleman yakni Bapak Bambang Nur Singgih yang ikut macapatan untuk mangayubagya tamu dari Blitar serta nguri-uri budaya Jawa di SMP Negeri 4 Pakem. Selain untuk memeriahkan acara, tampilan ini merupakan salah satu wujud bahwa guru dan warga  SMP Negeri 4 Pakem siap selalu untuk belajar bersama dan  berkolaborasi dengan  guru dan warga  dari sekolah lain dari manapun.

Foto : Rombongan studi tiru SMP Negeri 1 Kanigoro bersama kepala SMP Negeri 4 Pakem

Memasuki inti kegiatan yakni pemaparan tentang IKM yang telah dilaksanakan di SMP Negeri 4 Pakem. Disampaikan pula berbagai program-program unggulan dan inovasi sekolah. Peserta kunjungan juga berkesempatan untuk bertanya dan berdiskusi bersama terkait materi tersebut.  Dari pemaparan dan tanya jawab terungkap juga bahwa dalam IKM penguatan literasi, pengembangan karakter, dan peningkatan lingkungan belajar berjalan seiring sejalan dan saling menguatkan. Agar saling menguatkan, di SMP Negeri 4 Pakem dilakukan berbagai inovasi.  *(Hlm)