Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Pelaksanaan P5 Tema Bhinneka Tunggal Ika

Hola SMEPA readers! Long time no see ya..

Mari memulai tahun 2023 ini dengan project baru, yaitu Pelaksanaan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kali ini, kegiatan P5 dilaksanakan dalam 3 pekan, di bulan Januari, Februari, dan Maret.

Dimulai hari Selasa, 30 Januari 2023, siswa-siswa kelas 7 SMPN 4 Blitar mengikuti pelaksanaan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang ketiga. Tema P5 kali ini yaitu Bhinneka Tunggal Ika, dengan topik “Bersatu dalam Ragam Karya Nusantara”. Dengan tema ini diharapkan siswa-siswi mengenal berbagai budaya di Indonesia dan menghargai perbedaan.
Project dimulai dengan pengundian daerah yang akan dikupas tuntas. Masing-masing kelas mendapatkan provinsi yang akan mereka bahas.
Kelas 7A provinsi Bali, Kelas 7B provinsi Sumatera Selatan, Kelas 7C Jawa Timur, Kelas 7D Sulawesi Utara , Kelas 7E DI Yogyakarta, 7F DKI Jakarta, 7G Kalimantan Barat, 7H Nusa Tenggara Timur, dan 7I Irian Jaya.
Selanjutnya, anak-anak berkelompok dan meresume keragaman provinsi dengan menuangkan hasil pekerjaannya di kertas manila secara berkelompok. Mereka membuat peta konsep keragaman khas daerah yang meliputi pakaian adat, makanan khas daerah, rumah adat, nyanyia dan tarian daerah, budaya serta bahasanya.
Anak-anak juga menampilkan nyanyian dan tarian daerahnya di kelas secara berkelompok dan diakhiri dengan refleksi diri. Inilah serangkaian kegiatan P5 di pekan pertama. Anak-anak sangat antusias mengikuti program ini.

Pekan kedua pelaksanaan P5 dilaksanakan pada minggu ketiga Februari. Para siswa menyajikan menu masakan khas daerah yang sudah terpilih. Dalam memasak, anak-anak didampingi oleh walimurid.
Hari kedua, anak-anak meresume dan menggambar rumah adat daerah masung-masing. Outing Class dilaksanakan pada hari ketiga, yaitu Kamis, 16 Februari 2023 di Bumi Perkemahan Gedog . Kegiatan Siswa didampingi oleh Tim Asidewi dan Guru Pendamping. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun karakter yang kuat sebagai Pelajar Pancasiila. Anak-anak sangat senang sekali mengikuti kegiatan ini.
Menutup serangkaian kegiatan P5, anak-anak membuat miniatur rumah adat berdasarkan provinsi masing-masing. Untuk mendukung program adiwiyata sekolah, miniatur dibuat dari bahan bekas, seperti kardus bekas, kertas karton, ranting pohon, dan lain sebagainya. Inilah serangkaian kegiatan P5 di pekan kedua.

Sampai jumpa di pekan ketiga!