Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

FESTIVAL JENANG 2023

FESTIVAL JENANG 2023

SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta pada hari Jumat 17 Februari 2023 ikut serta dalam Festival Jenang yang diadakan oleh Pemerintah Kota Surakarta. Dalam festival jenang ini melibatkan siswa-siswi yang sudah ditunjuk oleh sekolah untuk mengikutinya dan perwakilan Bapak/Ibu Guru untuk mendampingi siswa-siswi. Dan keikutsertaan SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta ini adalah demo membuat jeneng mutiara dan bubur kacang hijau.

Festival Jenang Solo 2023 kembali dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun Kota Solo yang ke-278 dan Mangayubagya Jumenengan KGPAA Mangkunegoro X. Dalam Festival Jenang dengan “Pusaka Rasa Nusantara” tema ini merupakan bentuk komitmen dari Yayasan Jenang Indonesia dalam melestarikan dan mempopulerkan makanan tradisional khususnya Jenang atau bubur dari seluruh wilayah di Indonesia.

Rangkaian Festival Jenang Nusantara antara lain pentas seni dan budaya, parut massal siswa SD, pembagian ‘suvenir Rp 1 bersama Bank Indonesia, parade jenang nusantara dan 17 jenang, pameran foto festival jenang dan pasar jenang dengan melibatkan 25 UMKM.

Jenang kerap dijadikan sebagai makanan pelengkap di berbagai acara hajatan seperti pernikahan, selamatan ibu hamil, selamatan bayi baru lahir dan banyak acara hajatan lainnya. Lebih dari itu, jenang ternyata memiliki arti filosofis dan dijadikan sebagai simbol-simbol yang diyakini oleh masyarakat Jawa. Selain sebagai ungkapan rasa syukur, jenang juga dijadikan sebagai simbol doa, persatuan, harapan, dan semangat.

Jenang bagi masyarakat Jawa khususnya Kota Solo bukanlah sekedar makanan ringan yang banyak digemari. Namun jenang ini sudah menjadi bagian dari tradisi Kota Solo, dan sudah melekat hingga sekarang. Bahkan jenang sudah melekat dan mengakar pada masyarakat Kota Solo sejak zaman kerajaan Hindu-Budha dan era Walisongo. Jenang memiliki arti dan tempat tersendiri bagi kebudayaan dan menjadi bagian dari sebuah tradisi di Kota Solo.

Redaksi: Ibu A. Sari Pujiastuti, S.Pd – Ibu V. Adittya Monica Putri, S.Pd