Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Study Lapangan Kelas X SMK Budhi Warman 1 Jakarta Goes To Cirebon Desa Sitiwinangun

Study Lapangan Kelas X SMK Budhi Warman 1 Jakarta Goes To Cirebon Desa Sitiwinangun

“Mengimplementasikan Karakter Berbudaya Melalui Pembuatan Gerabah Sebagai Warisan Berkelas Dunia”

Indonesia merupakan negara dengan kemajemukan yang tinggi baik Suku, Agama, Ras, budaya atau bahkan dalam tingkatan sosial. Dalam Budaya misalnya, Indonesia memiliki banyak budaya yang cukup beragam dan unik sebagai bagian dari kearifan lokal. Kearifan lokal sebagai bentuk peninggalan dari leluhur bangsa Indonesia sampai saat ini masih terjaga dengan baik. Salah satu bentuk kearifan lokal yang berwujud benda adalah kerajinan gerabah di desa sitiwinangun Cirebon.

Desa Siti Winangun yang merupakan salah satu Desa dikecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa barat yang masih melestarikan budaya Gerabah kelas dunia sejak abad ke 15 hingga saat ini.

SMK Budhi Warman 1 Jakarta, pada tanggal 22 Februari 2023 berkesempatan untuk mengunjungi desa tersebut untuk belajar dan mengimplementasikan dalam bentuk praktek langsung pembuatan gerabah yang dipandu oleh seniman asli masyarakat pribumi.

Selain melakukan praktek langsung, siswa juga berkesempatan untuk mengunjungi para pengrajin gerabah disekitaran Desa serta menikmati pertunjukkan Sitren dan menyantap makanan khas cirebon Nasi Jamblang sebagai pelengkap kunjungan.

Setelah mengunjungi desa Siti Winangun, para peserta didik diberikan kesempatan untuk mengunjungi pusat batik Trusmi Cirebon yang juga memiliki Batik berkualitas dan berkelas. Dengan diadakannya kegiatan studi lapangan ini, tentunya diharapkan peserta didik dapat mengetahui, memahami dan dapat mengimplementasikan karakter berbudaya dalam setiap diri siswa masing-masing.