Selasa, 23 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Kelas 7,8 : BASKET PRADNYA SIWI KEMBALI RAIH PRESTASI TIM DEBUTAN JUARA EVENT OLAH RAGA DAN SENI (EVOST) 2023

Kelas 7,8 : BASKET PRADNYA SIWI KEMBALI RAIH PRESTASI  TIM DEBUTAN JUARA EVENT OLAH RAGA DAN SENI (EVOST) 2023

“S’mangat trus maju SMP Negeri 4 Pakem .. Jaya selama lamanya …”

Penggalan bait pada lagu Mars Pradnya Siwi menjadi pemacu bagi tim bola basket SMP Negeri 4 Pakem pada kejuaraan bola basket pada gelaran Event Olahraga dan Seni (EVOST) tahun 2023 yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 1 Kasihan, Bantul. Pada ajang tahunan ini tim bola basket SMP Negeri 4 Pakem yang dikirim adalah tim yang baru terbentuk.  Seluruh anggota tim merupakan siswa-siswi kelas 7 dan 8. Turnamen yang diikuti juga merupakan yang pertama kali diikuti oleh tim ini. Kendati demikian tidak menyurutkan semangat seluruh anggota tim untuk tetap memberikan yang terbaik.

Tim putri dengan dimotori oleh Donita Sonnya dan Pafietta Narendra berhasil menjadi yang terbaik. Juara ke-1 direbut dengan melalui perjuangan yang tidak mudah. Setelah sebelumnya melewati hadangan SMP Pangudi Luhur Yogyakarta, pada babak semifinal Sonnya dan kawan-kawan mengandaskan perlawanan tim bola basket putri SMP Negeri 5 Yogyakarta dengan skor mencolok yaitu 34 – 6. Di final yang dilaksanakan pada tanggal 16 Februari 2023 SMP Negeri 8 Yogyakarta berhasil diatasi dengan skor 32 – 12. Dengan kemenangan tersebut maka tim bola basket putri SMP Negeri 4 Pakem berhasil menjadi kampiun pada Event Olahraga dan Seni (EVOST) tahun 2023 yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 1 Kasihan, Bantul. Sayang kemengan tim bola basket putri belum menular kepada tim bola basket putra. Mereka tersingkir lebih awal sehingga harus mengubur mimpinya untuk menjadi yang terbaik.

Pelatih tim bola basket SMP Negeri 4 Pakem, Fikri dan Zulfi mengaku cukup puas dengan pencapaian anak didiknya. Zulfi menyatakan bahwa keikutsertaan pada kejuaraan yang dihelat oleh SMA Negei 1 Kasihan ini merupakan awal dari kiprah tim yang baru. Sebelumnya telah sering SMP Negeri 4 Pakem merajai kejuaraan bola basket baik tim putra maupun tim putrinya. Bermaterikan sebagian besar pemain baru yang terdiri dari kelas 7 dan 8 mereka berharap tim tetap bisa semangat dan berlatih keras. Senada dengan Zulfi, pelatih tim putra Fikri menyatakan bahwa tim yang baru dibentuk masih perlu meningkatkan kemampuan supaya bisa terus bisa memberikan yangterbaik bagi sekolah.

Di lain kesempatan, Ponidi, S.Pd. Kepala SMP Negeri 4 Pakem memberikan pesan bagi tim basket untuk tidak cepat puas terhadap pencapaian yang sudah diraih. Sekolah akan terus memberikan dukungan terhadap pengembangan bakat dan minat bagi seluruh peserta didik SMP Negeri 4 Pakem. Pembinaan khusus bagi tim basket di SMP Negeri 4 Pakem akan terus dilakukan. Ke depan Kepala Sekolah juga berharap supaya anggota tim basket SMP Negeri 4 Pakem semakin disiplin selain berlatih juga menaati peraturan sekolah