Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Istighosah dan Do’a Bersama Kelas XII SMAN 26 Bandung

Istighosah dan Do’a Bersama Kelas XII SMAN 26 Bandung

Istighosah memiliki banyak makna. Istighosah diartikan sebagai pertolongan, permintaan atau permohonan. Beberapa ulama juga mengatakan bahwa istighosah bisa dimaksudkan sebagai meminta pertolongan ketika dalam keadaan sukar dan sulit. Allah juga berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 45 yang berbunyi,

“Wasta’n bi-abri wa-alh,”

Artinya adalah Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Yang dimaksud dengan Istighosah dalam munjid fil lughoh wa a’alam adalah mengharapkan pertolongan dan kemenangan. Istighosah bisa diartikan seperti melakukan doa yang tidak biasa. Karena biasanya yang dipanjatkan dalam sholat istighosah merupakan hal yang luar biasa.

Dalam rangka menjelang Ujian Sekolah atau US, SMA Negeri 26 Bandung menyelenggarakan istighosah dan doa bersama yang dilaksanakan di Mesjid Nurul Ilmi SMAN 26 Bandung.

Kepala SMA Negeri 26 Bandung, Ibu Lia Aprilina, S. Pd, M.Pd. mengatakan, bahwa istighosah dan doa bersama ini diikuti seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 26 Bandung. Tujuannya adalah untuk memberikan bekal spiritual kepada peserta didik kelas XII yang akan melaksanakan ujian sekolah.

Serangkaian kegiatan istighosah dan doa bersama diawali dengan pembacaan Asmaul Husna, dilanjutkan dengan istighosah, penguatan mental, dan penutup.

Semoga melalui ihtiyar istighosah dan doa bersama menjelang ujian sekolah ini, membuat siswa kelas XII menjadi lebih optimis, semangat, bahagia dunia akhirat, serta mendapatkan nilai yang maksimal. Aamiin.