Selasa, 23 April 2024
Sekolah Menengah Atas

PERMAINAN BATU SEREMBAN MALAYSIA DI SEKOLAH BERBUDAYA

Editor : ABI

(Smanar_News)_Universitas Mataram bersama dengan Universiti Utara Malaysia menggelar sosialisasi di SMAN 1 Narmada pada  Sabtu, 25 Februari 2023 pukul 12.00-14.30 WITA. Sekolah berbudaya Smanar yang diwakili oleh 30 anggota OSIS SMAN 1 Narmada ikut serta dalam kegiatan sosialisasi tentang salah satu Budaya dari Negeri jiran Malaysia melalui Perwakilan Universiti Utara Malaysia. Kedatangan tamu kali ini terbilang cukup siang dan tentunya cukup melelahkan bagi siswa dan siswi setelah mengikuti kegiatan belajar di kelas sejak pagi hari. Namun, bukan lelah yang dirasakan oleh 30 perwakila osis yang menjadi peserta sosialisasi kali ini, melainkan kegembiraan. Sebab di awal kedatangan mereka, peserta sosialisasi sudah diajak bersenang-senang dengan melakukan permainan Batu Seremban yang merupakan salah satu permainan yang menjadi budaya Malaysia yang mirip dengan budaya di Indonesia. Di negeri kita permainan ini dikenal dengan sebutan Batu Lima yang merupakan permainan khas tradisional Bali.

Pada permainan Batu Seremban tersebut, para peserta dibagi menjadi beberapa grup. Salah satu grup dimenangkan oleh perwakilan peserta an. Ni Putu Sinta Satya Dewi yang kerap dipanggil Sinta. Kemenangan Sinta ini diraih setelah berhasil mengalahkan masing-masing perwakilan dari setiap tim. Setiap perwakilan tim mendapatkan hadiah  yang cukup menarik. Demikian pula dengan anggota tim lainnya. Setelah bermain, pihak Universiti Utara Malaysia menayangkan sebuah Vidio mengenai Universiti Utara Malaysia itu sendiri mulai dari pendiri, fasilitas, dan penghargaan yang pernah diraih. Usai penayangan video, selanjutnya dilaksanakan sesi quis, pertanyaan yang diajukan adalah mengenai materi sosialisasi dan sejarah kampus asal mahasiswa perwakilan tersebut. Dalam sesi quis ini, “Bagas” berhasil menjawab pertanyaan tersebut dengan hadiah yang menarik terkait Founding Father UUM yang merupakan salah seorang Perdana Menteri Malaysia tahun 1981 sampai dengan 2003 (Tun Dr. Mahathir Mohamad).

Di akhir kegiatan, pihak UUM menyerahkan cinderamata kepada pihak SMAN 1 Narmada yang diwakili oleh Ibu Dra. Nurlaila Wardatun. ” Saya berharap siswa-siswi kami dapat meneruskan pendidikannya ke perguruan-perguruan tinggi seperti Universiti Utara Malaysia ini” ungkap beliau menutup kegiatan sosialisasi di Aula SMAN 1 Narmada tersebut. (Bagas).