Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Pekan Ketiga P5 Tema Kewirausahaan, Tim Kurikulum SMASA Ajak Bu Paula Sampaikan Pentingnya Analisis SWOT

Pekan Ketiga P5 Tema Kewirausahaan, Tim Kurikulum SMASA Ajak Bu Paula Sampaikan Pentingnya Analisis SWOT

Kamis (2/3), Tim Kurikulum SMAN 1 Situbondo bersama Koordinator P5 Tema “Kewirausahaan” terus berkolaborasi untuk memberikan pemahaman terkait tema tersebut kepada peserta didik kelas X.

Setelah pada minggu pertama dan kedua fokus membahas konsep sebelum memulai usaha serta memunculkan sampel produk, kali ini materi dilanjutkan pada menganalisis peluang produk sebelum dipasarkan.

Dra. Paula Listyorini yang dipilih sebagai pemateri menyampaikan pentingnya analisis SWOT sebelum memulai usaha dan menjual produk.

Menurut Bu Paula analisis SWOT dapat membantu wirausahawan dalam memprediksi daya jangkau produk usahanya.

“Dalam berwirausaha pasti ada hambatan-hambatan. Nah kalau kita mempersiapkan dengan baik, dengan mengalisis kualitas produk dan sasaran pasar, peluang produk kalian diterima akan semakin besar,” ungkap Bu Paula.

Dihadapan para peserta didik kelas X yang berkumpul di Aula SMASA, Bu Paula memaparkan bahwa analisis SWOT perlu dipahami sebagai langkah antisipasi, peluang, serta tantangannya.

“Anak-anak nanti akan paham apa saja kekuatan produknya, kelemahan produknya, peluang apa saja untuk produknya, serta ancaman atau risiko apa saja yang mungkin akan kalian hadapi,” pungkasnya.
___
Penulis: Moh. Farhan, S.S. |. Foto: Wahyu Ferdian, S.Pd.