Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Atas

OSIS SMAHA Berinovasi dan Berkolaborasi Bersama OSIS MAN 2 Kudus dan SMK RUS

OSIS SMAHA Berinovasi dan Berkolaborasi Bersama OSIS MAN 2 Kudus dan SMK RUS
OSIS SMAHA foto bersama OSIS MAN 2 Kudus.

Go! Go! Go! Genius, Obdient, Lead, Dynamic!” teriakan jargon OSIS SMAHA di MAN 2 Kudus saat studi banding membuat para anggota OSIS SMAHA semakin semangat.

Setelah dua tahun pandemi, inilah perdana OSIS melakukan kegiatan studi tiru secara offline kembali. OSIS SMAHA 23 mengunjungi dua sekolah yaitu MAN 2 Kudus dan SMK RUS Kudus (Raden Umar Said). Bukan tanpa sebab para anggota OSIS mengunjungi dua sekolah tersebut, melainkan untuk melakukan kegiatan studi banding. Studi banding ini merupakan salah satu program kerja milik divisi humas OSIS yang bisa disebut Smahakosta.

Smahakosta diadakan pada tanggal 1 Maret 2023. Program kerja divisi humas ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadikan OSIS SMAHA menjadi lebih baik lagi.

Studi banding di sekolah MAN 2 Kudus diawali dengan sambutan dari Ibu Sri Widayati S.Pd selaku Waka Kesiswaan dan juga sambutan dari Ibu Widya selaku Kepala bidang Humas MAN 2 Kudus, selanjutnya diisi dengan pemaparan program kerja dari Ajwad Taqi Mafaza selaku ketua umum OSIS MAN 2 Kudus.

Ada pula “Focus Group Discussion” yaitu sesi diskusi antar divisi-divisi OSIS SMAHA dengan departemen-departemen OSIS MAN 2 Kudus. Sesi ini dilakukan dengan anggota per divisi dan departemen saling menceritakan program kerja nya masing-masing dan sharing pengalaman dalam hal berorganisasi.

MAN 2 Kudus juga mempersilahkan semua anggota OSIS SMAHA 2023 dan para guru pendamping untuk “Tour Madrasah”, yaitu berkeliling dan melihat setiap ruangan dan kegiatan yang sedang berlangsung di MAN 2 Kudus.

Setelah mengunjungi MAN 2 Kudus, OSIS SMAHA 2023 mengunjungi SMK RUS (Raden Umar Said) untuk berkeliling dan mengetahui cara belajar para siswa/i di SMK RUS yang tergolong unik.

Kunjungan OSIS SMAHA ke SMK RUS tentunya untuk belajar mengetahui bagaimana proses pembuatan animasi-animasi terkenal yang telah dirilis oleh SMK RUS dan juga mengadakan visit class ke beberapa ruangan pembelajaran di SMK RUS.

SMK RUS menjadi salah satu sekolah percontohan nasional dengan berbagai karakter kelas yang berbeda dengan sekolah pada umumnya, tentunya dengan adanya itu membuat siswa dan siswi di SMK RUS semakin kreatif dalam mengerjakan animasi atau sebuah project.

Di SMK RUS sendiri terdapat 3 jurusan yaitu RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), Animasi untuk jurusan animasi ini terbagi 2 yaitu animasi 2D dan animasi 3D dan jurusan yang terakhis ada desain grafis.

Dengan adanya ini OSIS SMAHA tentunya berharap agar bisa mengambil hal-hal yang baik dari kedua sekolah, mulai dari belajar tentang organisasi di sekolah lain dari OSIS MAN 2 Kudus dan juga kemajuan tehknologi dari SMK RUS.

Penulis: Zaki dan Khayra. Humas OSIS SMAHA 23.

Editor: Annisa Erwindani, S.Pd.