Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker FK Untan Menyelenggarakan Kegiatan Stadium General dan Matrikulasi

Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker FK Untan Menyelenggarakan Kegiatan Stadium General dan Matrikulasi

Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura melakukan penyambutan mahasiswa baru Pendidikan Profesi Apoteker Angkatan XVIII. Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura (PSPPA FK UNTAN) telah sukses menyelenggarakan kegiatan Stadium General dan Pembukaan Matrikulasi yang diselenggarakan PSPPA FK UNTAN. Seminar ini dilaksanakan pada hari Senin, 6 Februari 2023 di Amphiteater FK UNTAN dengan bobot 4 SKP IAI.

Dalam rangka memberikan motivasi dan menjalin hubungan kerja sama antara alumni S1 Farmasi maupun alumni Profesi Apoteker FK Untan dengan institusi dan juga penyambutan mahasiswa baru maka dipandang perlu menghadirkan alumni yang telah sukses berkarir dibidang masing-masing dimana kegiatan ini dikemas dalam bentuk Stadium General.

Stadium general merupakan kegiatan kuliah umum dalam rangka penyambutan mahasiswa baru yang diterima di PSPPA sebelum memasuki perkuliahan pembinaan dan pendidikan profesi Apoteker dengan menghadirkan alumni sebagai narasumber. Melalui kegiatan ini alumni diberikan ruang dan panggung untuk berbagi pengalaman kepada mahasiswa baru. Selain itu juga sebagai bentuk kontribusi terhadap institusi alumni dapat memberikan sumbangan ide terhadap pengembangan kurikulum pendidikan, bahkan menjadi jembatan untuk menjalin hubungan kerja sama dengan stakeholder tempat alumni bekerja misalnya sarana Praktik Kerja Profesi Apoteker (PKPA) dan lain sebagainya.

Alumni dihadirkan dalam rangka pemberdayaan peran alumni untuk turut aktif berpartisipasi dalam mendukung pengembangan akademik maupun non-akademik PSPPA Untan sebagai bentuk sumbangan nyata para alumni dengan memberikan materi kuliah umum sesuai pengalaman di bidang perkerjaan kefarmasian serta motivasi belajar kepada mahasiswa baru sekaligus informasi kesempatan kerja dan juga memberikan gambaran korelasi atau menyelaraskan antara kegiatan pendidikan profesi apoteker dengan tantangan dan peluang di dunia kerja. Selain itu, kuliah tamu dari alumni untuk menumbuhkan dan meningkatkan kecintaan dan rasa memiliki alumni terhadap almamater. 

Narasumber dalam kegiatan Stadium General adalah Alumni Farmasi Untan angkatan 2009 yang merupakan angkatan ketiga S1 Farmasi FK Untan yang telah berkarir dibidang asuransi kesehatan (BPJS) yaitu Mohammad Deny Indarto,S.Farm.,Apt. (Verifikator Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Surabaya) dan  Apt.Meita Krismayanti, S.Farm. (Kabid. Pelayanan Medik dan Penunjang Medik RSUD Landak) serta ibu Dr.Hj.Sri Wahdaningsih, M.Sc., Apt (Ketua Program Studi Profesi Apoteker Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura dengan Tema Kegiatan yang diusung adalah ” Peluang dan Tantangan Apoteker dalam Sistem Asuransi Kesehatan di Indonesia”.

Pada Stadium General Apt.Meita Krismayanti, S.Farm. Kabid. Pelayanan Medik dan Penunjang Medik RSUD Landak menyampaikan bahwa apoteker harus berperan aktif di apotek dan rumah sakit dalam sistem pelayanan jaminan kesehatan nasional dan hal ini juga menjadi peluang bagi apoteker sesuai dengan standar profesinya berdasarkan sistem/ aturan yang berlaku dalam pengelolaan JKN. Selain itu apoteker juga menghadapi beberapa tantangan di rumah sakit dan apotek, diantaranya ialah ketersediaan obat yang masih terkendala, kemudian masih adanya fragmentasi pelayanan.

Pembicara selanjutnya yaitu apt. Mohammad Deny Indarto,S.Farm. alumni S1 farmasi UNTAN yang saat ini bekerja Verifikator Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Surabaya memberikan motivasi kepada calon apoteker untuk terus belajar dan jangan pernah patah semangat, banyak peluang untuk seorang apoteker diantaranya ialah di Rumah sakit, apotek, industri, serta pemerintahan. Selain itu Deny Indarto juga menyampaikan untuk selalu menjaga nama baik almamater UNTAN dimanapun berada.

Kegiatan selanjutnya yakni Matrikulasi dilaksanakan selama 2 minggu , 7 – 17 Februari 2023. Narasumber kegiatan ini adalah Dosen Prodi Farmasi dan Apoteker FK UNTAN. Bentuk Kegiatan Matrikulasi adalah diawali kegiatan Pretes dan dilanjutkan Kuliah Refreshing pada mata kuliah keilmuan dasar dan praktikum yang mendukung proses pembelajaran dan pendidikan selanjutnya yang terbagi dalam tiga bidang yaitu Pharmaceutical Science, Clinical Science and Biomedical Science dan Social, Behaviour, Administration. Selanjutnya kegiatan matrikulasi akan ditutup dengan postes untuk mengukur perkembangan peserta matrikulasi.

Terimakasih atas partisipasi semua pihak terutama Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura atas dukungan yang diberikan kepada panitia.

Jayalah Apoteker Indonesia!!!

Dilaporkan oleh:

Panitia SG dan Matrikulasi Apoteker UNTAN Angkatan XVIII