Kamis, 28 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

PENGAJIAN DAN KHOTMIL QUR’AN GUKAR SMA MUHI

PENGAJIAN DAN KHOTMIL QUR’AN GUKAR SMA MUHI
Al-Qur’an merupakan kalamullah yang tidak ada rasa kebosanan untuk kita dengarkan bacaannya, kita baca tulisannya, dan kita amalkan isinya. Khotmil Qur’an merupakan suatu tindakan/perilaku seseorang dalam menyelesaikan bacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an baik surat maupun artinya. Membaca al-Qur’an merupakan salah satu hak al-Qur’an yang harus kita penuhi selain hak-hak yang lainnya. Setiap orang yang khatam al-Qur’an juga dituntut untuk bisa mengamalkan isi dari Al-Qur’an.
SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, melalui Waka bidang Humas Al Islam juga mempunyai pogram kegiatan Khotmil Qur’an. Kegiatan khotmil Qur’an ini diawali dengan setiap guru dan karyawan terlebih dahulu mendapatkan bagian 1 juz untuk dibaca dalam rentang waktu seminggu. Kegiatan ini disebut dengan istilah oneweek onejuz. Khotmil Qur’an dilaksanakan setiap sebulan sekali di pekan pertama di setiap bulannya.
Hari ini, Jum’at 3 Maret 2023 seluruh guru dan karyawan mengikuti kegiatan Khotmil Qur’an. Kegiatan dilaksanakan di mushola putri SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Kegiatan dipandu oleh Triyanta Wahyu Nugroho, S.Sn selaku pembawa acara dengan. Kegiatan dimulai dengan membaca basmallah secara bersama-sama kemudian dilanjutkan dengan Khotmil Qur’an yang dipimpin oleh Ustadz Farhan Qodriyanto, S.Pd.I. Kegiatan dimulai dengan membaca al-Qur’an bersama dimulai dari QS At Takatsur sampai QS An Nas. Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa Khotmil Qur’an dan dilanjutkan dengan pengajian tentang hak-hak al-Qur’an.
Dalam materinya, Ustadz Farhan Qodriyanto, S.Pd.I menyampaikan bahwa salah satu hak yang harus kita tunaikan kepada al-Qur’an adalah dengan cara membacanya. Setelah membaca bisa ditingkatkan dengan mentadzaburi isinya, dan puncaknya adalah dengan kita mengamalkan isinya. Program Khotmil Qur’an ini dilaksanakan dalam rangka untuk menambah kecintaan warga sekolah terhadap Al-Qur’an, selain itu, dengan pengajian yang disampaikan diharapkan juga dapat menambah wawasan keislaman untuk seluruh guru dan karyawan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.
Dalam Tausiahnya juga, ustadz Farhan Qodriyanto, S.Pd.I menyampaikan bahwa orang yang mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an dinilai sebagai orang terbaik disisi Allah SWT. Orang yang ahli Al-Qur’an kelak di akherat akan masuk surga bersama hamba Allah SWT yang dimuliakan seperti para malaikat, para Rasul dan Nabi, para Sahabat Rasululloh para syahidin ulama dan orang-orang yang sholih. Cahaya yang akan menerangi perjalanan hidup seorang hamba dan menuntunnya menuju keselamatan adalah cahaya Al-Qur’an dan cahaya Iman. Merenungkan ayat-ayat Al-Qur’an merupakan pintu gerbang hidayah bagi kaum beriman.
Adapun orang-orang yang hanya membaca Al-Qur’an dan tidak mengamalkannya maka Al-Qur’an itu akan menuntutnya dihari kiamat. Barangsiapa yang mengamalkannya, merekalah orang-orang yang berbahagia, namun barangsiapa yang menyelisihinya merekalah orang-orang yang celaka. Allah SWT memberikan motivasi agar manusia senantiasa dapat mengambil manfaat dirinya sehingga fungsi Al-Qur’an sebagai petunjuk dapat dirasakan oleh manusia. Salah satunya adalah dengan memberikan pahala bagi hamba yang senantiasa membacanya. Al-Qur’an merupakan pedoman hidup semua surah dan ayatnya mengandung keutamaan.
Dalam kegiatan Pengajian Khotmil Qur’an SMA Muhammadiyah 1 Surakarta hari ini Alhamdulillah berjalan dengan lancar, aman dan terkendali.