Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Direktur Kelembagaan Kemendikbud Sampaikan Akselerasi Program Studi Kedokteran

Direktur Kelembagaan Kemendikbud Sampaikan Akselerasi Program Studi Kedokteran

HUMAS UIN SUTHA – Penyampaian materi pada hari ketiga Rapat Kerja UIN SUTHA 2023 ini disampaikan oleh Prof.Dr.H.Lukman, S.T.,M.Hum selaku Direktur Kelembagaan Kemendikbud dengan tema Kebijakan Kemendikbud dalam Akselerasi Program Studi Kedokteran Baru untuk Memenuhi Rasio SDM Dokter di Indonesa (03/03/2023).

 

Sesi ini dipandu langsung oleh Rektor, Prof.Dr.H.Suaidi, M.A.,Ph.D sebagai moderator dengan diikuti oleh para Dekan, Ketua Pusat/Lembaga, Ketua dan Sekretaris Prodi serta Pusat Kajian sebagai peserta Raker.

 

Pembahasan mengenai akselerasi program studi ini merupakan langkah lanjutan dari terbitnya izin Fakultas Kedokteran UIN Jambi yang akan segera divisitasi oleh Kemendikbud dalam waktu dekat ini.

 

 

Prof.Dr.H.Lukman, S.T., M.Hum dalam sambutan menyampaikan bahwa kebutuhan Dokter saat ini 3603 orang sementara jumlah dokter hanya 1225 sehingga terjadi kekurangan 2378 dokter. Rasio kekurangan SDM inilah yang bisa memberikan UIN Jambi peluang untuk memenuhi rasio tenaga kesehatan khususnya dokter di Indonesia.

 

Selain itu ada pula beberapa hal yang perlu dipenuhi UIN Jambi seperti dengan memiliki laboratorium seperti laboratorium sains,kimia dan biologi. Disampaikan pula terkait dengan pemenuhan jumlah dosen, UIN Jambi juga harus memiliki keunggulan rencana pendek, menengah dan panjang bagi UIN Jambi sebelum nanti divisitasi oleh Kemendikbud.

 

Salah satu keunggulan UIN Jambi yakni telah memiliki rumah sakit yang akan menjadi rumah sakit pendidikan yang telah di submit dan mempunyai pendamping dari Universitas Andalas yang berkomitmen 4 tahun mendampingi UIN Jambi dalam perjalanan Fakultas Kedokteran.