Rabu, 29 Maret 2023
Sekolah Menengah Atas

Kemeriahan Pekan Olahraga di SMANDA Cirebon!

Kemeriahan Pekan Olahraga di SMANDA Cirebon!

PORAK – bisa disebut Pekan Olahraga Antar Kelas adalah pekan atau  seminggu dalam Semester 1 yang dipakai untuk event perlombaan antar kelas yang telah dilaksanakan di SMA Negeri 2 Cirebon. Harapannya dengan diadakan PORAK pada tahun 2022 bisa membuat Smandacivil lebih menjunjung tinggi ikatan kekeluargaan juga persaudaraan dan nilai sportivitas. Pada PORAK 2022 kali ini panitia OSIS & MPK SMA Negeri 2 Cirebon mengambil nama PORAK tahun ini dengan nama SPORTION atau Smanda Sport Competition yang mengangkat tema dari Film Serial JUMANJI.

SPORTION pada tahun 2022 ini dilaksanakan pada tanggal 20 sampai 22 Desember 2022, di tiga hari inilah Smandacivil diberi kebebasan untuk memakai outfit apapun, mau pakaian jersey yang dipakai seragam perkelas atau pakaian kesukaan Smandacivil, hal ini yang membuat daya tarik sendiri dikarenakan pada hari-hari biasanya aturan berpakaian di SMANDA ini sangatlah ketat.

Ada tiga jenis perlombaan yang dilombakan pada SPORTION 2022 yaitu 3 on 3 Basketball yang bekerjasama dengan Cheepers, Tepak Bulu yang bekerjasama dengan Smandatangkas dan E-Sport Mobile Legends : Bang-Bang yang bekerjasama dengan SIC. Dihari pertama adalah babak penyisihan, semua kelas wajib mengirimkan masing-masing perwakilan kelas untuk mengikuti perlombaan yang ada, untuk lomba 3 on 3 Basketball ada bagian Putra dan Putri sedangkan Tepak Bulu itu lawan dengan ganda campuran dan E-sport Mobile Legends bebas mau diwakilkan oleh siapa aja baik siswa maupun siswi.

SPORTION yang dilaksanakan ini diadakan sangat meriah pada upacara pembukannya. Dimulai dengan sambutan dari Ketua Pelaksana SPORTION 2022 (Mas Aldrian Daffa), Mitratama sekaligus Steering Comitte SPORTION 2022 (Mba Avedis Nayla), Pengawas Umum SPORTION 2022 (Mba Marsha Fathiyatul), Wakasek Kesiswaan (Pak Rohmat) dan Kepala Sekolah (Pak Nendi). SPORTION 2022 resmi dibuka dengan aksi simbolis Kepala Sekolah yang melempar bola basket ke Pak Rohmat dan Pak Rohmat langsung Shoot Three Point ke arah ring basket.

Setelah sambutan-sambutan selesai selanjutnya adalah saatnya para penari-penari berbakat SMANDA dari STARS untuk mempertunjukan keahlian mereka dalam menari, gerakan demi gerakan dan alunan musik yang diberikan sangatlah menyatu dengan tema SPORTION tentang Adventure dan Jungle. Selepas pertunjukan tari nya, para pemuda-pemuda tangguh nan berani dari ekstrakulikuler SMANDAPALA siap mencengangkan dan memberikan kejutan besar dengan berayun dari satu  atap sekolah ke atap lainnya sembari mengibarkan bendera SPORTION dan bendera SMANDAPALA, kejutan ini menarik banyak perhatian Smandacivil dan banyak teriakan pujian yang dilontarkan.

Selain menyediakan macam-macam perlombaan, pada SPORTION kali ini juga Smandacivil diperbolehkan untuk membuka stand wirausaha didepan Masjid Baiturrahman dan depan kelas X-1. Diadakannya stand ini membuat smandacivil sangat tertarik dan ingin membeli apa yang dijualnya karena setiap stand disini memiliki cara sendiri yang kreatif untuk menarik pelanggan, mulai dari kalimat-kalimat bernuansa kocak, pemberian diskon banyak dan ada yang cosplay menjadi karakter anime ditambah lagi beberapa Smandacivil merasa bosan karena makanan di kantin itu-itu aja. Sungguh sangat menyenangkan SPORTION ini!

Di hari terakhir pada SPORTION juga ada pertandingan Fun Match cabang olahraga Futsal, ini adalah hal yang sangat dinantikan oleh Smandacivil terutama kaum laki-laki.

para pemenang dari setiap perlombaan diberi hadiah berupa sertifikat dan piala kejuaraan, yang juara SPORTION 2022 antara lain :

TEPAK BULU

1. X-6

2. XII MIPA 3

3. XI MIPA 4

3 ON 3 BASKETBALL

– PUTRA

1. XII MIPA 2

2. XII MIPA 3

3. XI MIPA 4

– PUTRI

1. PC 5

2. XII MIPA 5

3. XI MIPA 6

E-SPORTS MOBILE LEGENDS

1. XII IPS 11

2. XII IPS 12

3. XII MIPA 8

Terima kasih atas partisipasi Smandacivil, guru-guru dan warga SMANDA yang sudah ikut memeriahkan SPORTION 2022, semoga apa yang diinginkan tercapai pada PORAK tahun ini dan apabila tidak kami akan selalu doakan yang terbaik untuk SMANDA yang lebih maju, berkualitas dan kreatif! Sampai jumpa di PORAK tahun berikutnya!

SPORTION 2022! “Where focus goes, energy flows!

Ditulis oleh : Yudha Nata Buana (OSIS Sekbid 9)