Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Pertama

Peringatan HPSN SMPN 4 Blitar

Peringatan HPSN SMPN 4 Blitar

Peringatan HPSN (Hari Peduli Sampah Nasional) diperingati setiap tanggal 21 Februari, yang mengingatkan semua pihak bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama. Upaya penanganan dan pengolahan sampah harus melibatkan seluruh komponen masyarakat baik pemerintah pusat maupun daerah. Peringatan HPSN  kini telah menjadi milik masyarakat, karena pemerintah daerah dan komunitas hingga dunia usaha telah turut serta melakukan berbagai kegiatan dalam rangka peringatan HPSN dengan caranya masing- masing.

Puncak peringatan HPSN di SMPN 4 Kota Blitar dilaksanakan pada hari Jumat, 23 Pebruari 2023. Dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah dengan membagi beberapa kelompok kerja dalam pengelolaan sampah dan lingkungan. Siswa siswi kelompok satu didampingi bapak/ ibu guru melakukan pilah sampah Koran di perpustakaan. Disana anak- anak dan bapak ibu/guru dengan semangat memilah sampah Koran untuk nantinya kedepan bisa dimanfaatkan sebagai kerajinan sekolah seperti membuat patung kertas Koran maupun baju fashion show berbahan Koran. Kelompok dua siswa siswi bersama bapak/ibu guru pendamping melakukan pilah sampah di tempat sampah. Dimana untuk sampah daun di bawa ke mesin pencacah daun guna dijadikan kompos daun yang bermanfaat untuk kesuburan tanah dan tanaman di kawasan sekolah maupun masyarakat yang membutuhkan. Selanjutnya kelompok tiga bertugas untuk melakukan penanaman sekaligus perawatan poho di sekitar lingkungan sekolah agar tercipta lingkungan hijau dan sejuk untuk kenyamanan seluruh warga sekolah. Kelompok empat bertugas untuk merapikan tanaman di pot plastik yang sudah rusak diganti dengan pot kaleng bekas yang lebih kuat dan tahan lama. Sedangkan untuk kelompok lima bertugas membersihkan dan merapikan halaman belakang sekolah.

Kegiatan ini tidak hanya diperuntukan untuk membersihkan sampah dilingkungan sekolah tetapi juga dilinkungan masyarakat sekitar. Mengajak siswa siswi membersihkan sampah di lingkungan masyarakat yaitu di gang jalan gotong royong dan selokan yang ada di sana. Serta memasang slogan tentang peduli sampah di gang gotong royong agar dapat mengingatkan masyarakat akan pentingnya memberdayakan sampah untuk mengurangi emisi yang di timbulkan oleh sampah itu sendiri. Siswa siswi  juga di bagi kelompok bersama guru pendamping membersihkan green house, kolam ikan, drainase belakang kelas yang ada di sekolah.

Pada momentum puncak HPSN kali ini SMPN 4 Blitar benar benar memanfaatkan hari ini untuk mengajak seluruh warga peduli terhadap sampah, membersihkan lingkungan dari sampah sekaligus mengolah sampah untuk di recycle atau di daur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi sekolah dan masyarakat. Memilah milah sampah sehingga dapat memiliki nilai ekonomis yang tinggi, mengadakan penghijauan dengan menanam pohon untuk mengurangi adanya pemanasan global. Menyongsong kepedulian dari manusia terhadap bumi dan lingkungan hidup sekitar.

Mari bersama sama kita wujudkan lingkungan bersih, sehat, nyaman, dan aman. Dengan menjaga bumi tercinta melalui kegiatan peduli sampah dan penanaman pohon/ reboisasi. “ Tuntas kelola sampah Untuk kesejahteraan Masyarakat”. Bumi Indah dengan Nol sampah dan Nol limbah.

(Nunik Suryani, S.Pd)

Siswa-siswi menanam tanaman pada kaleng bekas cat yang sudah dihias oleh siswa
Siswa-siswi memilah limbah koran