Sabtu, 01 April 2023
Perguruan Tinggi

Tapak Suci UMJ Berhasil meraih Medali EMas Terbanyak Di Kejuaraan Internasional

Tapak Suci UMJ Berhasil meraih Medali EMas Terbanyak Di Kejuaraan Internasional

Tapak Suci Putera Muhammadiyah Cabang 14 (UMJ) berhasil meraih kemenangan pada kejuaraan Paku Bumi XI International Championship, yang diadakan di GOR Institut Teknologi Bandung (ITB), Jatinangor, Jumat (03/03/2023).

6 atlet tunggal dan 27 atlet tanding Tapak Suci UMJ yang berasal dari FIP, FISIP, FAI, FEB, dan FH berhasil meraih 22 medali emas dan 11 medali perak dari cabang bela diri pencak silat kategori tanding dan seni tunggal dengan perolehan medali emas terbanyak dari semua kontingen-kontingen.

Adapun peserta Tapak Suci lain yang mengikuti kejuaraan Paku Bumi Open XI di antaranya adalah Tapak Suci Serang, Tapak Suci Universitas Teknologi Muhammadiyah Jakarta, Tapak Suci Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Tapak Suci STIKES Muhammadiyah Kuningan, dan Tapak Suci STAI Muhammadiyah Paciran Lamongan.

Tidak hanya dari Universitas, kompetisi ini juga diikuti banyak perguruan pencak silat lain selain Perguruan Tapak Suci seperti Perguruan PSHT, Merpati Putih, Cimacan, Walet Putih, Pusaka Kencana, Bima Suci, ASBD, dan lain-lain.

Tapak Suci UMJ menjadi juara umum 1 kategori dewasa dan berkesempatan membawa kembali piala bergilir. Wakil Rektor IV UMJ, Dr. Septa Candra, SH., MH., menyambut kabar bahagia tersebut dengan rasa syukur atas prestasi yang berhasil diraih oleh Tapak Suci UMJ dalam kejuaraan Paku Bumi International Championship. 

“Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Tapak Suci UMJ dan institusi UMJ sendiri, di mana sudah 3 kali berturut-turut meraih juara umum dalam kejuaraan ini. Hal ini membuktikan bahwa regenerasi atlet di Tapak Suci UMJ berjalan dengan baik. Semoga ke depannya terus dipertahankan.”

Citra Anjani, Sekretaris Tapak Suci UMJ, menjelaskan hambatan yang mereka alami selama masa pelatihan yaitu banyak peserta yang masih melaksanakan kuliah di jam latihan. Namun, itu semua tidak menjadi masalah besar sebab pihak Universitas memberikan dukungan penuh baik dari segi materi maupun moril. Septa menyampaikan, kepada para atlit yang mengikuti kompetisi akan diberikan penghargaan atas dasar prestasi non akademik sebagaimana kebijakan yang berlaku di UMJ.

22 atlet Tapak Suci UMJ yang meraih medali emas di antaranya, Aisah Nadia Larasati (FIP/PGSD), Faruzan Kurniansyah (FIP/POR), Muhammad Fawwaz (FIP), Ifellyn Ramadhan Paku Sadewa (FISIP), Fauzan Aidha Rahman (FIP/POR), Siti Nur Aisah (FIP/POR), Salsadilah Liftian Rika (FISIP/KESOS), Diky Fazri (FIP/POR), Fahmy Rizky Alamsyach (FIP/POR), Farhan Ramadhan (FIP/POR), Nury Nurul Firda (FIP/POR), Handiko (FIP/POR), Asri Pratiwi Tenggara (FISIP/Ilkom), Satria (FIP/POR), Imanudin Abas Mukin (FIP/POR), Rahma Sofyanti (FISIP/KESOS), Yasir Romadhon Saputra (FIP), Andi Muhammad Ramadhan I (FIP), Bhima Pangestu Wardhiyani (FAI), Novia Andhayani (FIP/POR), Oloan Syukur Harahap (FIP/POR), dan Daru Novala (FIP).

11 atlet Tapak Suci UMJ yang meraih medali perak, Citra Anjani (FEB/Manajemen), Bayu Andri Riyatmoko (FIP/POR), Nurrizki Prajabwati (FIP/POR), Umu Mu’minah (FAI/Manajemen Zakat dan Wakaf), Rafi Ramadhan (FIP), Ahmad Rayhan (FEB), Abdullah aljabir (FAI), Restu Adi Gunawan (FIP/POR), Fakhruddin Ihsan (FIP/PGSD), Andi fauzi (FAI), Faiz Maruf (FIP/POR). (MT/KSU).