Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Uji Pemahaman Peserta Didik, SMASA Laksanakan Kegiatan USP dan PTS

Uji Pemahaman Peserta Didik, SMASA Laksanakan Kegiatan USP dan PTS

Senin (6/3), SMAN 1 Situbondo memulai pelaksanaan kegiatan Ulangan Satuan Pendidikan (USP) untuk kelas XII dan Penilaian Tengah Semester (PTS) untuk kelas X, XI.

Kepala SMASA Marta Mila Sughesti, S.Pd., S.S., M.Pd. mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mengukur pengetahuan peserta didik SMASA guna mengevaluasi seberapa jauh pemahaman terhadap materi yang sudah diperoleh selama mengikuti KBM.

“USP dan PTS ini penting dilaksanakan agar para guru nantinya bisa memahami dan mengevaluasi sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran yang sudah diberikan,” ungkapnya.

Sementara itu Tim Kurikulum SMASA terus bekerja dengan maksimal dalam upaya menyukseskan kegiatan tersebut. Hal itu terlihat dari skema pelaksanaan ujian yang teratur, yakni dengan membagi jam kehadiran peserta didik menjadi 2 sesi berdasarkan jenjang kelas.

Terkait waktu pelaksanaan, merujuk jadwal yang sudah disusun oleh Tim Kurikulum SMASA, pelaksanaan kegiatan USP dan PTS akan berlangsung selama delapan hari ke depan, yakni hingga tanggal 15 Maret 2023.

“Untuk jadwal USP kita mengikuti hasil arahan dari MKKS. Sementara PTS kita susun melalui diskusi internal SMASA,” tutur Bu Peny Oktamilia, S.Pd., Gr. selaku salah satu staf kurikulum SMASA.

Terakhir, Bu Marta berharap pelaksanaan kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik dan bermanfaat untuk proses mengembangkan pengetahuan peserta didik SMASA.

“Tidak hanya siswa yang saya harapkan untuk diberi kelancaran, saya juga berharap agar bapak ibu guru dan tenaga administrasi sekolah dapat menjaga kekondusifan, kekompakan, kekeluargaan, dan ketertiban selama USP dan PTS berlangsung. Kesuksesan ini akan kita dapat jika kita bersinergi dengan baik,” pungkas Bu Marta.
___
Penulis: Moh. Farhan, S.S.