Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

HIMATEKTAN Faperta UNJA Gelar Seminar Nasional Leadership Camp 2022

HIMATEKTAN Faperta UNJA Gelar Seminar Nasional Leadership Camp 2022

MENDALO,- Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian (HIMATEKTAN) Fakultas Pertanian Universitas Jambi (UNJA) yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Teknik Pertanian Indonesia (IMATETANI) Rayon B menyelenggarakan Seminar Nasional pada tanggal 4 Maret 2023 secara hybrid, dengan pelaksanaan luring di Aula Rektorat Lantai 3 UNJA dan daring via Zoom Meeting.

Seminar Nasional Ikatan Mahasiswa Teknik Pertanian Indonesia tersebut mengangkat tema “Mewujudkan Generasi Pemimpin yang Kritis untuk Mengatasi Masalah di Era Globalisasi Teknologi”. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai sarana pembentukan mahasiswa menjadi seorang pemimpin yang terarah dan berlandaskan efektifitas kerja, serta mampu menumbuhkan budaya berpikir yang berlandaskan IMTAK dan IPTEK.

Acara tersebut diikuti oleh delegasi dari berbagai Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian se-Sumatera, yakni HIMATETA Universitas Sriwijaya, HMJ TEKTAN Politeknik Negeri Lampung, HMJ TEP Universitas Lampung, HIMATEKTAN Institut Teknologi Sumatera/ITERA, dan HIMATEKTAN Universitas Jambi. Acara dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Pertanian UNJA yang diwakili oleh Dr. Fuad Muchlis, S.P., M.Si. (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni).

Sesi seminar diawali oleh Keynote Speraker tentang “Entrepreneurial Leadership untuk Mewujudkan Mahasiswa Unggul dan Berprestasi” yang disampaikan oleh Dr. dr. H. Maulana, M.KM.

Acara Seminar tersebut juga menghadirkan beberapa narasumber yaitu Prof. Dr. Ir. Hadi Suryanto, M.Eng. yang menyampaikan materi terkait Mekanisasi Pertanian, dan Dr. Yong Formanta, S.P., M.Si. dari Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementerian Pertanian RI yang membahas perihal Teknik Pertanian, utamanya komoditi pinang dan kelapa sawit yang menjadi komoditi unggulan di Provinsi Jambi.

Tujuan dari acara tersebut adalah para peserta yang menghadiri dan mengikuti acara Seminar Nasional dapat menjadi seseorang yang menciptakan jiwa leadership dan entrepreneurship di bidang pertanian.

Dimas Prabowo selaku Ketua HIMATEKTAN UNJA dan panitia, menyatakan Seminar Nasional ini menjadi rangkaian dari kegiatan Leadership Camp yang merupakan agenda rutin IMATETANI dan pada tahun 2023 UNJA mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah. Acara diagendakan selama 3 hari, dari tanggal 3-5 Maret 2023 serta dipusatkan di Kampus UNJA Mendalo.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS / ist*