Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Kegiatan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa – Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKM-LKTD) merupakan salah satu program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (BEMF-EB). Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun bagi mahasiswa FEB, khususnya mahasiswa baru.

Tahun ini, kegiatan LKM-LKTD FEB berlangsung secara luring atau tatap muka  dan terbagi dalam 2 gelombang. Gelombang pertama diadakan pada 16-17 Februari 2023. Sedangkan untuk gelombang 2 dilaksanakan pada 24-25 Februari 2023.

LKM-LKTD FEB pada tahun ini mengusung tema “Berani Menjadi Pemimpin Berkarakter dan Tangguh”. Adanya tema ini, diharapkan para peserta dapat memahami nilai dan karakter yang dimiliki oleh seorang pemimpin. Sehingga setelah mengikuti kegiatan ini, peserta dapat mengimplementasikan nilai maupun karakter tersebut di masa akan datang. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan pelatihan mengenai dasar-dasar kepemimpinan maupun keorganisasian kepada mahasiswa FEB.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini diisi dengan beberapa kegiatan seperti kepemimpinan dan keorganisasian. Materi tersebut dibawakan dalam seminar yang berjudul “The Essential of Self Leadership” dan juga “Improve Yourself with Organization”. Setelah mengikuti seminar, mahasiswa diajak untuk mengimplementasikan materi tersebut melalui dinamika kelompok yang berupa Forum Group Discussion, membuat yel-yel kelompok dan merancang sebuah program kerja organisasi.

Pada hari kedua mahasiswa diajak untuk mewujudkan nilai-nilai kepemimpinan dan keorganisasian di lapangan. Hal tersebut dilakukan dengan mengajak para peserta mengikuti outbound game di sekitar area Unika Soegijapranata Semarang. Outbound game tersebut dimaksudkan agar mahasiswa dapat melatih kerja sama, koordinasi, tanggung jawab terutama berlatih untuk bisa menemukan solusi dan memecahkan masalah dari setiap tantangan yang mereka hadapi. Dengan demikian setelah mengikuti kegiatan LKM-LKTD ini mahasiswa menjadi lebih siap untuk menjadi seorang pemimpin maupun terlibat secara langsung dalam keorganisasian baik melalui UKM ataupun ORMAWA yang ada di FEB. [FEB/Patricius Alan Wirayudha Kusuma]