Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

SMK Negeri 5 Pekanbaru Peringati Peristiwa Isra’ Mi’raj dengan Khidmat

SMK Negeri 5 Pekanbaru Peringati Peristiwa Isra’ Mi’raj dengan Khidmat

Seperti tahun-tahun sebelumnya di penjuru dunia, seluruh umat Islam memperingati peristiwa besar (Isra’ Mi’raj) dengan berbagai caranya. Seperti halnya di SMK Negeri 5 Pekanbaru acara peringatan isra’ mi’raj juga diadakan.

Bertempat di Hall sekolah pada hari Kamis, 23 Februari 2023 / 3 Sya’ban 144 H acara peringatan isra’ mi’raj berlangsung dengan penuh hikmat dan antusiasme para siswa-siswi serta guru dan karyawan sekolah yang hadir. Acara diawali dengan pembacaan Al-Qur’an yang dilantunkan oleh Dian Novelia dari kelas XI Multimedia, dilanjut dengan penampilan tahfidz qur’an dari Muhammad Zaky dari kelas XI TKRO dan sambutan dari kepala SMK Negeri 5 Pekanbaru yang disampaikan oleh Bapak Drs. Dwi Bowo Sukmono, MM. Untuk tausiyah sendiri pihak panitia menghadirkan Ustadz Delfizar Halil, S.Hi. Dalam ceramahnya, Ustadz Delfizar Halil, S.Hi menceritakan tentang perjalanan malam Rosullallah SAW saat isro’ mi’raj. Yang pada intinya kita sebagai umat Islam harus percaya bahwa peristiwa tersebut benar terjadi. Walaupun secara logika sangat sulit diterima. Dan ini menunjukkan Bahwa betapa agungnya sang maha pencipta Allah SWT.

Isra’ Mi’raj merupakan peristiwa besar saat Nabi Muhammad SAW memperoleh berbagai pengalaman dan pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi dirinya, umatnya serta alam semesta. Pengertian Isra’ sendiri adalah perjalanan nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Al-Aqso, sedangkan Mi’raj adalah perjalanan nabi Muhammad SAW dari Masjidil Al-Aqso menuju Sidrotul Muntaha (langit ke tujuh).

Ada beberapa hikmah yang bisa kita petik dari peristiwa isra’ mi’raj ini. Pertama, Tingginya derajat kehambaan, Dalam surat Al-Isra’ ayat satu, menceritakan peristiwa Isra Miraj, yang mana kata ‘abdun’ yang artinya hamba digunakan untuk menyebut Muhammad SAW. Hal tersebut menunjukkan bahwa Nabi SAW adalah hamba yang benar-benar bertakwa pada Allah SWT serta memperoleh derajat yang begitu mulia di sisi Allah SWT. Kedua, Pembekalan dakwa yang tangguh, Sebelum terjadinya peristiwa Isra Miraj, orang-orang terdekat Nabi SAW dan selalu mendukung misi dakwahnya silih berganti wafat. Sedangkan di sisi lain, Nabi SAW terus mendapat penindasan dari kaum Quraisy. Ujian yang datang bertubi-tubi ini Allah berikan agar Nabi SAW benar-benar tangguh dalam menyampaikan dakwah. Ketiga, Menyampaikan kebenaran meski pahit, Setelah malam Isra Miraj, Nabi SAW menyampaikan kepada penduduk Mekkah apa yang baru saja dialaminya. Namun banyak yang tak percaya mengenai cerita ‘tak masuk akal’ tersebut. Hal ini menunjukkan, kebenaran tetap harus disampaikan, meski pahit karena banyak mendapat penolakan. Keempat, Syariat Nabi Muhammad Saw,  menghapus syariat Nabi terdahulu, Saat Isra Miraj, Rasulullah SAW jadi imam shalat untuk Nabi-nabi terdahulu. Hal ini jadi bukti mereka patuh dan mengikuti ajaran Nabi SAW sekaligus jadi isyarat bahwa syariatnya tersebut telah menghapus syariat Nabi-nabi terdahulu.

Banyak hikmah dan pelajaran yang bisa kita petik dari peristiwa isra mi’raj ini. Dengan acara peringatan tersebut, di harapkan peserta didik SMK Negeri 5 Pekanbaru menjadi generasi yang tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, melainkan juga religius dalam menyebarkan kebaikan. Dan SMK Negeri 5 Pekanbaru sebagai instansi pendidikan, akan konsisten dalam memfasilitasi seluruh kegiatan sekolah, guna untuk mencetak generasi  tangguh, berakhlak mulia Yang mampu beradaptasi dengan Perkembangan teknologi & zaman. Di akhir kegiatan peringatan Isra’ Mi’raj tim ekskul Rohis Ibnu Sabil SMK Negeri 5 pekanbaru juga melakukan aksi galang dana yang akan dikirim ke Turki yang sedang mengalami gempa bumi. Red. Jhoe.