Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Taekwondo UAD Borong Medali di Kejuaraan Prabu Taekwondo Challenge 6

Taekwondo UAD Borong Medali di Kejuaraan Prabu Taekwondo Challenge 6

Kontingen Taekwondo Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dalam kejuaraan Prabu Taekwondo Challenge 6 Piala Koni Banten 2023 (Foto: Istimewa)

Kontingen Taekwondo Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil membawa pulang 17 medali emas, 7 medali perak, serta 1 medali perunggu dalam kejuaraan Prabu Taekwondo Challenge 6 Piala Koni Banten 2023. Pertandingan tersebut berlangsung di GOR Indoor Stadion Bonang (Venue Prapon), Tangerang, Banten, dari tanggal 24 hingga 26 Februari 2023.

Kejuaraan Taekwondo tingkat nasional ini diikuti oleh berbagai atlet dari klub-klub sekitar maupun dari berbagai provinsi. Sementara itu, UAD mengirimkan sebanyak 25 atlet terbaiknya untuk ikut berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut yang terbagi menjadi 2 cabang yaitu 15 atlet kyourugi dan 10 atlet pomsae.

Ketua UKM Taekwondo Dwi Widianto saat diwawancarai mengungkapkan kegembiraannya, “Selama hari kejuaraan, saya sebagai ketua sangat senang dan terharu melihat perjuangan dari semua atlet Taekwondo UAD yang berjuang semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Jujur saya sendiri tidak menyangka akan mendapatkan medali yang sangat banyak dan luar biasa sekali.”

Dwi pun mengatakan, hasil yang diperoleh tersebut tak lepas dari usaha dan kerja keras para atlet. “Mendekati pertandingan, kami menambah waktu latihan, yang semula 3 kali menjadi 5 kali dalam seminggu. Waktu tambah latihan sendiri digunakan untuk latihan fisik dan teori,” jelasnya. Tak hanya itu, para atlet yang akan bertanding juga diwajibkan membuat video olahraga pagi meliputi joging pagi, skiping, sedo atau sparing dengan bayangan sebagai bentuk konsistensinya.

Selain usaha dan kerja keras dari dalam diri individu para atlet, Dwi menyatakan peran coach sangat besar dalam kejuaraan ini. “Sabeum Kholis dan Sabeum Belvi Leronz tak hanya melatih fisik dan teori, tetapi juga gencar memberikan berbagai motivasi sehingga mental para atlet lebih kuat dan berani,” papar Dwi.

Terakhir, ia berharap para atlet tidak cepat puas akan prestasi yang telah diraih, lebih haus akan prestasi-prestasi lagi ke depannya, tetap semangat dalam berlatih, serta dapat membuktikan bahwa atlet UKM Taekwondo dapat terus memberikan prestasi yang terbaik untuk UAD. (eka)

uad.ac.id