Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

UIN Jambi Tuan Rumah FGD Fakultas Sains dan Teknologi PTKI Se-Indonesia 

UIN Jambi Tuan Rumah FGD Fakultas Sains dan Teknologi PTKI Se-Indonesia 

UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menjadi tuan rumah FGD(Focus Group Discussion) Fakultas Sains dan Teknologi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Se-Indonesia yang digelar selama 3 hari 6-8 Maret 2023 di Ruang Ampiteater GMPU Kampus II UIN Simpang Sungai Duren.

Kegiatan ini diikuti oleh 13 Fakultas Sains dan Teknologi PTKI dengan menghadirkan narasumber Dr. Risna Resnawaty, M.P Koordinator MBKM Universitas Padjajaran Bandung.

Dr. Tri Susanti selaku Ketua Panitia dalam laporannya menjelaskan, kegiatan Focus Group Discussion ini diadakan dengan empat tujuan. Pertama, sebagai wujud tindak lanjut dan realisasi Permendikbud Nomor 3 tahun 2020 tentang SMPT dan panduan kurikulum KPT 2020 dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kedua, untuk saling sharing berbagi pengetahuan dan pengalaman dari implementasi kurikulum Kampus Merdeka Belajar. Ketiga adalah untuk menambah wawasan terhadap bagaimana sebetulnya riil tentang implementasi MBKM dan konversi nilai terhadap mata kuliah dalam bentuk program MBKM. Terakhir, tujuannya adalah sebagai jawaban, atau langkah cerdas dalam menanggapi tuntutan akreditasi BAN PT.

Pada kesempatan ini selain membuka acara kegiatan FGD,  Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Prof. Dr. H. Su’aidi, MA, Ph.D. memperkenalkan dan memaparkan tentang paradigma transintegrasi ilmu yang tengah diterapkan di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Ia menjelaskan paradigma transintegrasi ilmu merupakan sebuah upaya untuk menyatupadukan antara ilmu umum dan ilmu agama untu profil alumni yang ahli tidak hanya ahli ilmu umum tetapi juga ahli dalam ilmu agama.

“Melalui paradigma transintegrasi ilmu UIN Jambi sedang menciptakan alumni saintis yang ulama, ulama yang saintis”, ucap Rektor.

Lebih lanjut ia menjelaskan trans integrasi ilmu adalah sebuah upaya untuk mengambil nilai yang sama dengan mempertahankan nilai-nilai baru kemudian disatupadukan sehingga agama dan tradisi dapat berbicara di ruang publik secara bersamaan, dengan demikian alumni yang lahir dari UIN Jambi tidak hanya dapat berbicara tentang kajian-kajian islam tetapi juga memahami tentang permasalahan lingkungan, ekonomi, masyarakat dan hal-hal umum lainnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Rofiqoh Ferawati, M.EI, Kepala Biro AAKK Dr. A. Munir Kepala LPM Dr. Dian Mursyida, M.Ag, Kepala LPPM Dr. Ayub Mursalin serta para dosen Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.