Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Seribu Mahasiswa Ikuti KKN Kebangsaan Pembangunan Puluhan Desa di Sambas dan Bengkayang

Seribu Mahasiswa Ikuti KKN Kebangsaan Pembangunan Puluhan Desa di Sambas dan Bengkayang

Sebanyak 1.000 mahasiswa mengikuti Kuliah Kerja Nyata Kebangsaan (KKN K) XI tahun 2023. Harapannya, memberi andil penambahan desa mandiri di perbatasan Kalimantan Barat (Kalbar).

Rapat Koordinasi KKN K XI berlangsung di Auditorium UNTAN Pontianak, Senin (6/3/2023) malam. Kegiatan dihadiri sebanyak 52 perwakilan perguruan tinggi (PT) dari 139 PT yang akan mengirimkan mahasiswa terbaik mereka.

Total mahasiswa yang akan hadir diperkirakan sebanyak 1.000 orang. Termasuk nanti perwakilan mahasiswa dari Malaysia dan Brunei Darussalam. Mereka akan ditempatkan selama sebulan penuh di desa-desa perbatasan di Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang pada 20 Juli SD 20 September 2023.

Ketua Panitia KKN K XI 2023, Dr. Ir. Eka Pribadi, MT. menyampaikan bahwa 42 desa di Kab Sambas dan sebanyak 50 desa di Kab Bengkayang akan menjadi sasaran penempatan KKN K XI 2023 tahun ini.

Sementara Rektor UNTAN, Prof Garuda Wiko menyampaikan apresiasi yang tinggi atas sambutan para Rektor yang hadir atau mewakili kehadiran rektor (tercatat sebanyak 101 perwakilan dari 52 PT se Indonesia) dalam rapat koordinasi KKN K XI 2023 malam ini. Sambutan yang hangat juga disampaikan Rektor  kepada Forkopinda Provinsi Kalbar atas dukungan yang telah diberikan kepada UNTAN dalam pelaksanaan KKN K XI 2023. Apresiasi juga disampaikan Rektor kepada Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan  (Belmawa) Dikti yang telah memilih dan menetapkan UNTAN sebagai tuan rumah.

Rektor, mengutip pidato Gubernur Kalbar memiliki komitmen untuk menjadikan desa menjadi Desa Mandiri terbanyak di Kalbar melalui perbaikan IDM yang berjumlah 52 indikator. KKN K XI 2023 diharapkan memberi andil menjadikan atau menambah desa-desa mandiri di Perbatasan Kalbar ini. Saat ini sudah terdapat 586 dari 2.031 desa di Kalbar. Tahun 2018, desa mandiri di Kalbar hanya berjumlah 1 desa saja.

Sambutan Direktur Belmawa, melalui Daniex Wardhani Ratnaningrum  menyampaikan bahwa pemilihan UNTAN sebagai tuan rumah melalui proses yang panjang melakui sebuah kompetisi. Direktorat Belmawa menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan UNTAN menjadi tuan rumah. Melalui KKN K ini menjadi wujud peran serta dan kontribusi perguruan tinggi kepada masyarakat.

Kodam XII Tanjungpura melalui Brigjen TNI Jauhari, SE MM menyampaikan bahwa KKN K ini sebagai sarana strategis memperkuat dan mempererat anak bangsa untuk menyelesaikan persoalan  bangsa dan oleh karena itu Pangdam sangat mendukung sepenuhnya  kegiatan ini dan siap mengerahkan segala kemampuan untuk mensukseskannya.

Gubernur Kalbar, melalui Sekda menyampaikan bahwa Pak Gubernur karena menyampaikan pidato di Kampus IPDN Kalbar memerintahkan kepada Sekda agar tidak mewakilkan dirinya kepada pejabat lain lagi. Gubernur Kalbar memandang KKN K XI ini  sangat penting dan mengirim 3 Perangkat Daerah Provinsi sebagai pendamping KKN K XI 2023. Gubernur juga menyampaikan selamat datang kepada Rektor sebagai perwakilan peserta KKN K XI. Gubernur juga menyampaikan komitmen pemerintah dalam membangun desa dan pemerintah Provinsi Kalbar menjadi pelopor dalam implementasi  Membangun Indonesia dari pinggiran seperti disebutkan dalam nawacita Presiden Jokowi. Gubernur juga berharap melalui KKN K XI ini, perwujudan dari merekatkan komponen yang berbeda-beda dalam satu bingkai NKRI.

Acara ditutup dengan penandatanganan kerjasama antar universitas untuk Forum KKN Kebangsaan.