Kamis, 28 Maret 2024
Perguruan Tinggi

KKN UAD Ulik Daya Tarik Potensi Wisata Petilasan Kuno Kabupaten Pertama Pacitan

KKN UAD Ulik Daya Tarik Potensi Wisata Petilasan Kuno Kabupaten Pertama Pacitan

Mahasiswa KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Unit II.C.3 saat melakukan survei lokasi Petilasan Kuno di Pacitan (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Periode ke-101 Unit II.C.3 terjun dalam penyelenggaraan acara Tirtowening sebagai peringatan Hari Jadi Kota Pacitan ke-278.

Acara ini berlangsung Sabtu (18-2-2023) dengan mengadakan pengajian akbar di Balai Desa Sukoharjo, dilanjutkan dengan pengambilan Tirtowening pada pukul 24.00 WIB. Tirtowening diambil dari kata “tirta” yaitu air dan “bening” yaitu bersih

Kegiatan tersebut termasuk upacara adat pengambilan air bersih di Petilasan Sumur Njero. Keesokan harinya (19-2-2023) KKN UAD ikut serta dalam Kirab Tirtowening di Makam Notopuro.

“Petilasan Kabupaten Pertama Raden Tumenggung Notopuro berada di RT 01/RW 01 Dusun Ngerjoso. Dusun tersebut juga merupakan tempat kami melaksanakan KKN saat ini,” ucap Mikhail selaku Ketua KKN UAD Unit II.C.3 pada Kamis (18-2-2023).

Petilasan itu berupa Sumur Njero atau kerap dikenal dengan Sumur Keramat. Di petilasan terdapat 4 batu umpak dengan tulisan aksara Jawa yang saat ini tulisan tersebut sudah terkikis karena dimakan usia. Keberadaan sumur tak hanya menyimpan berbagai cerita mistis, melainkan juga menyimpan banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah air dari sumur dapat digunakan untuk berbagai keperluan desa serta upacara adat peringatan Hari Jadi Pacitan tiap tahunnya.

Petilasan Sumur Njero merupakan salah satu potensi wisata yang ada di Desa Sukoharjo. Masyarakat luar daerah dapat berkunjung ke tempat ini dengan didampingi juru pakuncen bernama Joko Wibowo.

Ritual dan kesakralan yang ditawarkan menjadikan petilasan Sumur Njero sangat cocok untuk dijadikan sebagai tujuan wisata religi. Saat ini, dampak positif dari objek wisata petilasan ini sudah mulai dirasakan oleh masyarakat setempat. Salah satunya adalah keuntungan dari segi perekonomian. Peran serta partisipasi perangkat daerah dan masyarakat setempat sangat diperlukan guna menjaga eksistensi ke depannya. (Lid)

uad.ac.id