Sabtu, 01 April 2023
Perguruan Tinggi

KKN UAD Kelola Sampah Jadi Eco Enzym

KKN UAD Kelola Sampah Jadi Eco Enzym

KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kelola sampah menggunakan Eco Enzym (Foto: Istimewa)

Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Periode 101 Unit XIV.B.2 mengadakan sosialisasi pengelolaan sampah dan pembuatan eco enzym di Padukuhan Tegallayang 10, Pandak, Bantul (21-2-2023). Bertempat di Masjid Baitul Huda Al-Karim, kegiatan tersebut menghadirkan 2 narasumber yaitu Dr. Rochana Ruliyandari, S.E., M.Kes. dan Nur Basuki, S.T., M.Ph.

Selaras dengan program yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Bantul yaitu Bantul Bersih Sampah 2025, tim KKN UAD mengadakan kegiatan tersebut guna mengubah sampah jadi bermanfaat. Sebab, faktanya, hingga saat ini sampah masih menjadi problematika yang belum bisa dikelola dengan baik.

Eco enzym menjadi salah satu alternatif yang patut diberi perhatian karena merupakan hasil fermentasi limbah organik dapur yang memiliki banyak manfaat untuk alam dan manusia. Bahan yang digunakan juga relatif sederhana yaitu cukup dengan memanfaatkan sisa buah-buahan dan sayuran yang belum busuk atau berjamur.

Kegiatan tersebut mendapat respons positif dari warga Padukuhan Tegallayang 10. Mereka memperlihatkan antusiasme yang tinggi untuk ikut serta dalam praktik pembuatan eco enzym. “Saya berterima kasih kepada tim KKN UAD yang telah menyelenggarakan acara ini. Berkat itu, saya jadi tahu cara pembuatannya,” ungkap Haryani, salah satu warga.

Hasil pembuatan eco enzym dibagikan kepada para warga yang datang. Setelah ini, mereka masih harus menyimpannya selama kurang lebih 90 hari hingga benar-benar jadi dan siap digunakan. Harapannya, warga bisa mempraktikkan materi sosialisasi di rumah dengan bahan sisa dapur, sayur, dan buah. (tsa)

uad.ac.id