Selasa, 19 Maret 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

PELAKSANAAN UKK SMKN 1 KEBONSARI

Saat ini tengah berlangsung UKK atau Uji Kompetensi Keahlian kelas XII di SMKN 1 Kebonsari dan hampir sudah selesai terlaksana dengan baik dan lancar. Mau tahu apakah UKK itu?simak penjelasannya.

Apakah UKK atau Uji Kompetensi Keahlian itu ? UKK merupakan bentuk asesmen terhadap pencapaian kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI yang dilaksanakan di akhir masa studi jenjang SMK.

Tujuan UKK adalah untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. Adapun tujuan dari UKK berdasarkan pada Pedoman UKK yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMK (2018/2019) adalah:

  1. Mengukur pencapaian kompetensi siswa khususnya SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh.
  2. Memfasilitasi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya untuk kelulusan dari satuan pendidika
  3. Mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi yang berorientasi pada capaian kompetensi lulusan SMK sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia atau okupasi atau klaster atau paspor keterampi
  4. Memfasilitasi kerjasama SMK dengan dunia usaha/industri dalam rangka pelaksanaan Uji Kompetensi sesuai kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DU/DI).

Kesimpulan dari UKK jika dibaca dari uraian diatas,merupakan bagian penting pada pencapaian akhir siswa pada bidang kejuruan. Kenapa dikatakan penting ? karena UKK dapat :

  1. dijadikan tolak ukur pada indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan
  2. menilai siswa seuai dengan bidang keahlian yang dimilikinya
  3. sebagai bekal untuk jenjang pendidikan berikutnya
  4. sebagai informasi stakeholder untuk mengetahui kemampuan calon pekerjanya

Demikian tadi sedikit penjelasan yang admin bisa berikan,semoga bisa sedikit menambah wawasan kita bersama.

Sukses dan Selalu Semangat dalam mencapai cita – cita !!!