Selasa, 23 April 2024
Perguruan Tinggi

Rektor Lantik Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ULM Periode Tahun 2023-2024

Rektor Lantik Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ULM Periode Tahun 2023-2024

Banjarmasin, Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, S.E., M.Si  melantik anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ULM Periode Tahun 2023-2024 pada Selasa (07/03/2023). Acara ini berlangsung di Lecture Theatre General Building ULM Banjarmasin dan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Muhamad Rusmin Nuryadin, SE., M.Si, Pengurus BEM Demisioner dari periode sebelumnya,Ormawa dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan ULM serta Pengurus BEM baru yang akan dilantik pada hari ini.

Rektor dalam sambutannya menyampaikan bahwa BEM sebagai salah satu bagian dari Universitas menjadi elemen penting dan strategis untuk dapat mewujudkan pencapaian visi dan misi serta cita-cita ULM. Oleh karena itu, Rektor berharap anggota BEM memiliki kemampuan manajerial untuk dapat mengatur seluruh tatanan kegiatan kemahasiswaan yang ada di ULM dalam rangka mewujudkan pencapaian cita-cita, harapan, visi misi yang diemban ULM.

“Apakah organisasi mahasiswa masih relevan di masa sekarang? Apa saja keuntungan yang bisa diambil ketika bergabung dengan organisasi? Maka itu perlu ditanamkan sejak awal ketika teman teman mahasiswa sah menjadi seorang pengurus organisasi khususnya Badan Eksekutif Mahassiwa (BEM) maka juga harus memiliki tujuan yang jelas.” Ucap Rektor.

Rektor juga berpesan kepada para pengurus BEM ULM, bahwa terdapat 3 hal yang harus diperhatikan, di mana 3 hal ini dapat membuat organisasi menjadi tidak lagi relevan di masa sekarang. Pertama, jika organisasi tersebut hanya menjadi ajang eksistensial maka organisasi tidak layak untuk diikuti karena harus dibarengi dengan essensial atau manfaatnya. Kedua, jika organisasi tersebut hanya sebagai ajang balas dendam dari senior ke junior. Ketiga, ketika organisasi tersebut tidak memiliki inovasi atau pembaharuan. Diharapkan, para pengurus BEM yang dilantik dapat menyadari dan meyakini untuk memastikan tugas dan fungsi dalam organisasi tersebut dapat berjalan dengan semestinya.

BEM ULM adalah salah satu bentuk Bhineka Tunggal Ika di mana ULM yang terdiri dari 11 Fakultas dan puluhan program studi dapat disatukan dalam suatu. Dengan berbagai macam latar belakang pengurus yang berasal dari berbagai fakultas dapat menjadi kekuatan dan potensi bagi pengurus untuk memberi kebermanfaatan yang seluas-luasnya.

Rektor ULM juga berharap BEM dapat berkontribusi untuk ikut menjalankan program-program yang dapat menunjang pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU). Rektor menjelaskan, bahwa adanya kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa cukup berpengaruh terhadap poin pencapai IKU dari Kemendikbudristek. Maka dari itu Rektor berpesan agar Penyusunan program kerja dan Unit-Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di ULM tidak lagi hanya bersifat sporadik tetapi harus berdasarkan dari sistem perencanaan yang baik.