Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

HIMASISKAL ITS Gelar Final Kompetisi Desain Armada Kapal

HIMASISKAL ITS Gelar Final Kompetisi Desain Armada Kapal

Potret bersama finalis Final Photovoltaic 2.0 Design Competition di Hotel Harris, Surabaya

Surabaya, ITS News – Himpunan Mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan (HIMASISKAL) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil helat Final Photovoltaic 2.0 Design Competition.  Kompetisi turut menggandeng PT Hasnur Internasional Shipping Tbk. Babak Final ini digelar di Hotel Harris, Surabaya, Sabtu (4/3). 

Ketua panitia, Mochamad Isa Anshori menjelaskan, di babak ini telah terpilih sepuluh tim untuk memperebutkan tiga juara utama dan dua juara harapan. Sepuluh tim tersebut telah melewati tahap seleksi karya dan terpilih untuk mempresentasikan karyanya pada babak final ini.  Terdapat 56 tim dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang mendaftar. “Kami mendapatkan sepuluh karya terbaik yang memenuhi persyaratan,” terangnya. 

Pada kegiatan yang bertajuk Renewable for The Future ini, tim diminta membuat desain armada kapal. Desain tersebut berupa pemasangan solar panel untuk efisiensi emisi karbon pada armada kapal tugboat milik PT Hasnur Internasional Shipping Tbk.  “Desain ini dilengkapi dengan analisis material, konstruksi, dan estimasi biayanya,” tutur pria yang kerap disapa Isa itu.

Salah satu tim saat memaparkan desain karyanya dalam Final Photovoltaic 2.0 Design Competition

Pihak penyelenggara telah menetapkan poin-poin persyaratan desain yang harus dibuat mulai dari jenis material solar panel yang harus digunakan hingga maksimum daya dan total beban dari kapal. Selain itu, peserta juga diminta melampirkan estimasi perhitungan berat, perhitungan beban daya listrik dan kebutuhan baterai, estimasi penggunaan daya dan waktu pengisian daya. Perhitungan estimasi biaya pembuatan, pemeliharaan, dan perbaikan juga dilakukan. 

Adapun dari sepuluh finalis tersebut, juara 1 disabet oleh tim Nayaka dan juara 2 diduduki oleh tim Keputih Renewable Sailor. Keduanya berasal dari ITS. Sementara juara 3 diraih oleh tim Hydra Evo dari Universitas Diponegoro (UNDIP). Adapun juara harapan 1 oleh tim Gratzel dari ITS dan juara harapan 2 oleh Navtech Polibatam 2 dari Politeknik Negeri Batam. Penghargaan yang berhasil diperoleh peserta  hingga 35 juta rupiah untuk juara 1, 15 juta untuk juara 2, dan 10 juta untuk juara 3.

Ketua Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS, Beny Cahyono ST MT PhD saat menyampaikan harapannya dalam kegiatan Final Photovoltaic 2.0 Design Competition pada Sabtu (4/3) di Hotel Harris, Surabaya 

Sebagai kolaborator, Direktur Operasional PT Hasnur Internasional Shipping Tbk, Soma Ariyaka mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap energi terbarukan. Selain itu juga memberikan kesempatan untuk mahasiswa milenial untuk menyumbangkan inovasinya di dunia maritim. “Kami sebagai pengguna manufaktur mencoba berkolaborasi dengan berbagai pihak,” ucapnya. 

Menanggapi babak final ini, Ketua Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS, Beny Cahyono ST MT PhD mengungkapkan bahwa akhir dari kompetisi ini bukan hanya sebuah konsep desain. Namun juga untuk memunculkan sebuah inovasi yang layak untuk diimplementasikan. “Kami dari pihak praktisi atau pendidikan mendorong penuh dengan adanya kegiatan ini untuk kemajuan bidang maritim,” ucapnya penuh harap. (*)

 

Reporter: Rayinda Santriana U. S.
Redaktur: Shinta Ulwiya